Wakaf Pembebasan Lahan Pemakaman untuk Dhuafa

Home » Campaign » Wakaf Pembebasan Lahan Pemakaman untuk Dhuafa

Ketika orang miskin ‘dilarang’ mati, lantaran tingginya biaya untuk penyediaan lahan pemakaman, Taman Wakaf Pemakaman Muslim “Firdaus Memorial Park” hadir sebagai solusi. Mulai dari prosesi memandikan, mengafani, menyalatkan, hingga memakamkan, plus penyediaan lahan pemakaman itu sendiri, murni cuma-cuma tanpa ada pungutan dalam bentuk apapun.

Saat orang berpunya merindukan ‘rumah’ masa depan yang nyaman, asri, ramah lingkungan, sesuai kaidah syar’i, serta lepas dari kepentingan bisnis yang berorientasi profit, “Firdaus Memorial Park” coba menawarkan alternatif pilihan terbaik, dengan pola wakaf.

Firdaus Memorial Park (FMP) lahir atas dasar pemikiran semakin sempitnya lahan pemakaman yang ada khususnya di daerah perkotaan, sedangkan menyediakan lahan pemakaman hukumnya fardhu kifayah (kewajiban kolektif).

Selain itu banyak pula lahan pemakaman di Indonesia yang tidak asri, tidak nyaman, dan tidak ramah lingkungan bahkan terkesan menyeramkan. Di sisi lain, biaya pemakaman di perkotaan, bisa mencapai jutaan rupiah. Hal ini tentu memberatkan keluarga dhuafa.

Sebab hal-hal diatas, Sinergi Foundation sebagai lembaga investasi wakaf melahirkan Program Firdaus Memorial Park yang dikelola dengan konsep wakaf, bukan bisnis atau komersil.

Konsep Asri, Nyaman, Ramah Lingkungan dan Sesuai Syariah dalam Program Firdaus Memorial Park dijabarkan sebagai berikut:

Asri artinya indah dan enak dipandang mata. Konsep pemakaman muslim ini harus jauh dari kesan kumuh dan menyeramkan, bahkan harus lebih mirip dengan taman daripada kuburan. Nyaman artinya membuat tenang siapapun yang datang. Konsep pemakaman ini harus membuat khusyu’ dan nyaman siapapun yang berziarah atau yang mengantarkan jenazah.

Ramah Lingkungan artinya bersahabat dengan alam. Konsep pemakaman harus steril dari bangunan atau tembok yang akan menghalangi penyerapan air. Sesuai Syariah berarti sesuai dengan contoh Rasulullah saw. diantaranya adalah larangan untuk mendirikan bangunan di atasnya, mencegah peziarah untuk melaksanakan ibadah di atasnya, dan mencegah anak-anak atau siapapun bermain-main sehingga menginjak makam.

Sejak semula dibangun pada 2013 lalu, terhitung sampai Desember 2019, sudah ada 12 Ha luas lahan pemakaman yang telah dibebaskan dan 337 Kavling Makam yang tersedia di FMP 1 yang berlokasi di Desa Ciptagumati & Desa Mandalamukti, Kec. Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat (Tol Purbaleunyi, KM 106,300 – 105,700)

Di awal tahun 2020 ini, Sinergi Foundation meluncurkan program wakaf Firdaus Memorial Park Jilid II dan III di lokasi yang berbeda. Untuk FMP II terletak di Desa Mekarmaju, Kec. Pasirjambu, Soreang – Kab. Bandung. Sementara FMP 3, lokasinya terletak di Desa Sukaluyu, Kec. Tamansari – Kab. Bogor.

Info Grafis FMP hingga Desember 2019

Kami mengajak kaum muslimin berwakaf dalam program pembebasan lahan pemakaman untuk dhuafa di Firdaus Memorial Park, mulai dari Rp33.000. Nominal wakaf tersebut sudah termasuk Infaq Operasional 10%.

Insya Allah, berapapun dana yang Sahabat wakafkan dalam program ini, akan menjadi amal jariah yang pahalanya akan terus mengalir sebagai bekal dalam menapaki perjalanan hidup selanjutnya.

Infografis Program Penyaluran

×