Bolehkah Mengubah Aset Wakaf?

Berita

Wakaf sebagai amalan yang mengekalkan kebaikan tidak boleh dihibahkan, diwariskan, atau dijual. Lantas bolehkah mengubah benda/harta wakaf jika tidak menghasilkan manfaat?

Mengambil keputusan untuk mengubah benda/harta wakaf harus dilandaskan pada berkurang atau rusak atau tidak memenuhi fungsinya sebagai harta wakaf untuk memberikan manfaat. Sebab, amalan wakaf sangat tergantung kepada bermanfaat atau tidaknya sesuai dengan ikrar wakaf.

Berdasarkan hal ini, maka diperbolehkan untuk menjual benda/harta wakaf kemudian menggantinya dengan benda/harta yang lebih strategis sehingga mendatangkan manfaat yang lebih banyak.

Benda pengganti tersebut kemudian berkedudukan sebagai harta wakaf (uraian senada bisa dibaca dalam Azhar Basyir, MA, Hukum Islam tentang Wakaf, Syirkah, Ijarah, halaman 19, Muhammad Abu Zahroh, Muhadarat fi al-Waqaf hlm 392, M. Syarbini al-Khatib, Mughni al-Muhtaj, III: 392).

Hal ini juga pernah dilakukan oleh Umar bin Khattab. Ketika itu beliau memindahkan Masjid Kufah yang lama ke tempat yang baru, sedang tempat yang lama dijadikan pasar bagi para penjual tamar (as-Sayyid Sabiq, Fiqh as-Sunnah, III: 386).

Pun hal ini juga diterapkan pada pengelolaan wakaf di Singapura. Guna memproduktifkan aset wakaf yang terlantar, Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS) mengeluarkan fatwa yang isinya istibdal diperbolehkan untuk mengamankan aset wakaf yang terbengkalai dengan memproduktifkannya di sektor lain. Tentunya ini mempertimbangkan berbagai mudharat dan maslahat dari apa yang dilakukan.

Misalnya seperti masjid Bencoolen. Dilansir dari republika.co.id, masjid ini direvitalisasi menjadi masjid modern dengan 3 tingkat bangunan komersial dan 12 tingkat apartemen yang memiliki 103 unit apartemen lengkap dengan berbagai fasilitasnya.

Hasil yang diperoleh dari pengelolaan aset wakaf ini pun dapat disalurkan kepada penerima manfaat wakaf (maukuf alaih), seperti masjid, madrasah, lembaga sosial, fakir miskin, dan layanan pemakaman.

Source: dbs

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!