Begini Syarat Sah Wakaf

Berita

Meski termasuk ibadah sunnah, menunaikan wakaf tidak bisa sembarangan melainkan harus mengikuti syarat-syaratnya agar wakaf dinyatakan sah.

Syarat sah wakaf apabila wakif yang hendak berwakaf memenuhi rukun dan syaratnya. Berikut rukun-rukunnya;

1. Syarat wakif (orang yang berwakaf): Hendaknya orang yang akan berwakaf memenuhi 4 kriteria, yakni merdeka, berakal sehat, dewasa, dan tidak dibawah pengampunan.

2. Syarat mauquf (benda/harta wakaf): Benda/harta dikatakan sah untuk diwakafkan apabila mempunyai nilai, termasuk benda bergerak atau benda tetap yang dibenarkan untuk diwakafkan, bendanya ada saat terjadi wakaf, dan benda tersebut sempurna dimiliki wakif.

3. Syarat mauquf alaih (penerima manfaat): Mauquf alaih yang dapat menerima wakaf dikatakan sah apabila disebutkan secara tegas dan jelas kepada siapa/apa ditujukan wakaf tersebut pada waktu mengikrarkan wakaf. Tujuannya pun harus untuk ibadah.

4. Syarat sighat (ikrar wakaf): Dalam mengucapkan ikrar wakaf, wakif harus menyatakan kehendak dan menjelaskan apa yang diinginkannya. Adapun syarat sahnya shighat adalah munjazah (terjadi seketika), tidak diikuti syarat bathil, tidak diikuti pembatasan waktu tertentu, dan tidak mengandung suatu pengertian untuk mencabut kembali wakaf yang sudah dilakukan.

Jika rukun wakaf ini tidak dipenuhi, maka wakaf bisa dianggap tidak sah. Jadi, perhatikan kembali syarat dan rukun wakafnya ketika Sahabat hendak menunaikan wakaf ya!

Siap tunaikan wakaf? KLIK di sini

Source: dbs

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!