Apakah Sah Bayar Zakat Fitrah Secara Online?

Artikel Zakat, Berita

Selain berpuasa, kewajiban lainnya umat Muslim di bulan Ramadhan adalah membayar zakat fitrah.

Zakat fitrah wajib bagi setiap orang, dari bayi sampai lansia. Bagi anak-anak, pembayaran zakat dibebankan kepada orang tuanya.

Zakat merupakan salah satu amalan yang bertujuan untuk menyucikan diri serta menjadi alat untuk membantu orang yang membutuhkan.

Tradisi membayar zakat fitrah biasa dilakukan lewat DKM Masjid setempat atau menyalurkan langsung ke orang-orang yang berhak menerimanya.

Seiring dengan perkembangan dunia digital, kini orang-orang sudah terbiasa membayar zakat secara online.

Namun, bagaimana hukum dari zakat fitrah secara online ini? Apakah sah atau sebaliknya? Sebab di dalam membayar zakat itu, terdapat akad dan doa yang dibacakan dari muzakki (pembayar zakat) dan mustahik (penerima zakat).

Pada dasarnya zakat fitrah secara online boleh saja dilakukan. Ia tetap sah dan afdol karena muzaki (orang yang membayar zakat) sejak awal telah mengucapkan niatan untuk berzakat.

Kementrian Agama RI juga sudah menyarankan membayar zakat secara online di musim pandemi lalu.

Unsur terpenting dalam zakat adalah adanya muzaki, harta zakat, dan mustahik (penerima zakat). Sementara itu, pernyataan zakat dan doa penerima zakat memang penting, tetapi tidak diharuskan ada.

Zakat fitrah ditunaikan sejak awal Ramadan dan paling lambat dilakukan sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri. Sedangkan penyalurannya kepada mustahik, paling lambat dilakukan sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri.

Sahabat bisa menunaikan kewajiban membayar zakat fitrahnya melalui website sinergi foundation DISINI

Atau transfer zakat melalui :
BSI 700 097 4107
a.n Sinergi Foundation

Setelahnya, untuk akad dan doa, bisa melakukan konfirmasi melalui Whatsapp atau telepon ke :
081 321 200 100

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!