zakat, tabungan haji, zakat, tentram, sedekah, kelapangan rezeki

Adakah Zakat untuk Tabungan Haji?

Setiap muslim pasti berkeinginan untuk melaksanakan ibadah haji. Untuk menunaikan niat mulia tersebut, banyak ikhtiar yang dilakukan. Salah satunya, menabung belasan hingga puluhan tahun untuk menggapai undangan Allah.

Dengan tabungan yang begitu lama tersimpan, adakah zakat yang harus dikeluarkan?

Diantara syarat wajib zakat adalah harta dimiliki secara pribadi (milku an Nafs) dan dimiliki secara sempurna (milku at Tam). Apabila uang tabungan haji disetorkan ke bank atas nama Kementerian Agama, tidak ada kewajiban untuk menzakatinya.

Sebab, telah terjadi transaksi jual beli layanan perjalanan haji. Calon haji sebagai konsumen, sementara pemerintah sebagai penjual. Dengan mentransfer sejumlah uang ke Kemenag maka terjadi perpindahan hak milik. Sebagai gantinya, porsi haji menjadi hak Calon haji.

Kecuali, kalau sejumlah uang yang disetorkan itu mulanya belum dizakati. Begitu pula dengan uang tabungan yang dipersiapkan untuk pelunasan belum sempat dikeluarkan zakatnya.

Karena uang tersebut masih dikelola bank dan mendapatkan bagi hasil setiap bulannya. Maka, jika nanti ada perhitungan dan ternyata uang tersebut bertambah nominalnya, kemudian diambil untuk pelunasan haji atau dikonversi guna pembiayaan haji, kelebihannya itu yang dizakatkan.

Zakat yang dikeluarkan sebesar 2,5 %, karena uang yang Sahabat tabungkan itu bersifat produktif atau bertambah nominalnya.

Jika Sahabat Sinergi sengaja membuat tabungan haji pribadi, sebaiknya dikeluarkan dulu zakatnya sebelum digunakan untuk pembiayaan perjalanan haji. Dengan demikian, harta yang dibawa ke Tanah Suci benar-benar suci dan bersih dari hak penerima zakat.

Berbekal niat tulus ikhlas dan harta yang suci, semoga ibadah haji yang ditunaikan diterima Allah, serta diridhai Allah menjadi haji mabrur, aamiin.

Source: berbagai sumber

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by