Adakah Zakat Fitrah untuk Janin dalam Kandungan?

Artikel Zakat

Zakat fitrah adalah ibadah yang wajib dilaksanakan muslim di bulan Ramadhan. Karena itu baik muslim dan muslimah yang sudah baligh ataupun belum baligh (bayi umur 1 hari) pun sudah berkewajiban untuk dikeluarkan zakat fitrahnya.

Lantas bagaimana dengan janin yang masih di dalam kandungan, adakah zakat fitrah yang harus ditunaikan?

Pada jumhur ulama, terdapat perbedaan pendapat. Namun sebagian besar mengatakan menunaikan zakat fitrah untuk janin yang masih di dalam kandungan hukumnya sunnah.

Para ulama menyandarkan hukum ini berdasarkan perbuatan sahabat Utsman bin Affan.

Ibnu Hazm berkata, “Tidak diketahui dari perbuatan Utsman (menunaikan zakat fitrah janin) ini menyelisihi sahabat yang lainnya.” (Al-Muhalla 6/132)

Namun ada pula sebagian ulama yang menyatakan menunaikan zakat fitrah untuk janin hukumnya wajib ketika mencapai umur 120 hari. Karena ketika itu janin sudah ditiupkan ruh.

Akan tetapi pendapat ini kurang kuat. Sebab belum ada kepastian bahwa janin akan terlahir dengan selamat atau mengalami masalah kehamilan yang mengakibatkan janin meninggal dalam kandungan.

Dengan adanya pembahasan ini, maka dapat diambil pendapat terkuat bahwa zakat fitrah pada janin hukumnya sunnah, tidak sampai wajib.

Asy-Syaukani menjelaskan bahwa ini adalah ijma’ ulama, beliau berkata, “Ibnu Mundzir menukilkan klaim ijma’ bahwa tidak wajib zakat fitrah bagi janin. Imam Ahmad menyatakan hukumnya sunnah dan tidak mewajibkannya.” (Nailul Authar 4/181)

Sependapat dengan hal ini, Syaikh Muhammad bin shalih Al-‘Utsaimin, mengatakan, “Zakat fitrah tidak perlu dibayarkan atas kandungan di perut dengan hukum wajib, tetapi dibayarkan karena hukumnya mustahab/sunnah.” (Majmu’ fatawa wa Rasail, kitab zakat fitri) [Source: muslim.or.id]

Wallahua’lam bishshawwab

———-

Bagi Sahabat yang hendak melaksanakan zakat fitrah di Bulan Ramadhan 1443 H ini, bisa menyalurkan donasinya melalui Tunaikan Zakat Fitrahmu di bit.ly/zakatfitrahsinergi

Atau pilih rekening berikut untuk Transfer Zakat Sahabat:
BSI 700 097 4107 a.n Sinergi Foundation

BCA 008 305 3523
a.n Yayasan Semai Sinergi Umat

Official Contact Center 081 321 200 100

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!