ZakatApp, zakat, donasi online, kemudahan donasi, android

ZakatApp, Inovasi Kemudahan Berderma

Beragamnya aplikasi yang disediakan Google Play Store dan iOS, menandakan bahwa pengguna gadget di seluruh dunia bertambah pesat. Karenanya, perusahaan yang bergerak di bidang digital berlomba menyajikan bermacam aplikasi untuk menarik pengguna gadget, mulai dari edit foto, karaoke, sticky note, game, baca Al Quran digital, novel digital, hingga menonton film.

Tak mau ketinggalan, pun kesempatan ini dimanfaatkan lembaga-lembaga yang berkecimpung dalam mengelola zakat, infak, sedekah, dan wakaf produktif, untuk mengembangkan potensi digitalnya ke arah yang lebih modern. Hanya tinggal satu klik saja, kapan pun dan dimana pun, kaum muslim dapat berdonasi dalam kondisi apa pun.

Menjawab tantangan tersebut, SF berinovasi dengan meluncurkan aplikasi ZakatApp. Aplikasi ini dikembangkan sebagai upaya menyajikan kemudahan layanan berbagi khususnya zakat, Infak-sedekah dan dana filantropi Islam lainnya.

Aplikasi yang sudah dapat diunduh di Play Store ini memiliki sejumlah fitur, antara lain: program Sinergi Foundation (SF), kalkulator zakat, rekening zakat, Klik Donasi, dan info penyaluran donasi.

“Tak hanya memudahkan masyarakat dalam berdonasi, aplikasi ini pun berupaya mengedukasi muzakki dan segenap insan peduli agar mampu menghitung zakatnya sendiri,” ungkap CEO Sinergi Foundation, Ima Rachmalia.

Menurutnya, kehadiran ZakatApp dinilai sangat penting, seiring dengan bertumbuhnya minat ber-ZISWAF masyarakat muslim dari kalangan middle class.  Sehingga, masyarakat membutuhkan wadah yang memudahkan mereka berbagi pada sesama.

“Aplikasi ini mudah, lantaran tinggal mengunduh aplikasi, dan masyarakat bisa berbagi kapanpun di manapun. Juga menenangkan, karena disalurkan melalui lembaga pengelola yang insya Allah terpercaya,” lanjutnya.

Ima menuturkan, keberadaan ZakatApp ini diharapkan akan secara sustain menyokong keberlanjutan program-program sosial di Sinergi Foundation. Beragam kreativitas program pemberdayaan yang inspiratif di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan pembangunan sosial SF hadir menyentuh langsung masyarakat lapisan paling bawah di negeri ini.

Program-program tersebut antara lain: Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC), Lumbung Desa (LD), Beasiswa Pemimpin Bangsa (Sinergi Scholarship), Firdaus Memorial Park (FMP), Sinergi Pelayanan Masyarakat, dan beberapa program lainnya.

“Inovasi kami tak akan berhenti hanya di ZakatApp. Dengan sinergi antar segenap elemen peduli, SF akan terus meningkatkan kreativitas, kapasitas, serta memperluas jangkauan pengabdian, demi terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter,” katanya.

Hal serupa diungkapkan Deputi CEO SF, Asep Irawan. Dia mengatakan peningkatan pengguna internet menjadi tantangan untuk pengembangan layanan bagi masyarakat dalam hal apapun. Tantangan ini dimanfaatkan SF menjadi peluang untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat menunaikan kewajibannya.

“Di lima tahun kebanyakan masyarakat membayar zakat infak sedekah dengan cara datang ke kantor. Namun, semakin hari habit tersebut semakin berubah. Dimana yang melakukan zakat lewat online justru semakin tinggi. Maka kita hadirkan sebuah layanan kemudahan yaitu ZakatApp. Dimana mendapat kemudahan dari fitur yang disediakan tim dalam aplikasi ini,” kata Asep.

Asep menjelaskan para muzaki sudah tidak lagi memiliki alasan kesusahan berderma. Karena bisa berdonasi kapanpun dan dimanapun lewat ponsel. Kehadiran zakatApp dinilai merupakan inovasi yang sangat penting, seiring dengan bertumbuhnya minat masyarakat muslim menyalurkan zakat, infak dan shadaqahnya. Sehingga, masyarakat membutuhkan wadah yang memudahkan mereka berbagi pada sesama.

Menurutnya, lewat aplikasi ini, masyarakat tidak hanya dimudahkan dalam penyaluran zakatnya. Tapi juga menjadi salah satu media edukasi tentang zakat.

Ia menuturkan ZakatApp terdapat fitur menghitung zakat. Sehingga masyarakat dapat menghitung zakatnya sendiri sesuai dengan kemampuan penghasilannya.

“Ada fitur kalkulator zakat, selama ini orang kebingungan berapa dia harus ngeluarin zakat. Lewat aplikasi ini sangat jelas penghasilan berapa maka zakatnya wajib berapa,” kata dia .

Selain fitur layanan berdonasi, pun aplikasi ini dilengkapi dengan informasi terkait penyaluran dana. “Masyarakat dapat memantau dana yang digulirkan melalui program-program SF secara transparan dalam aplikasi ZakatApp. Jadi jelas, kemana dan siapa saja yang menerima donasi.” []

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.