Wujudkan Indonesia Berdaulat Pangan, Sinergi Foundation Survey ke Desa Pelosok

SF-UPDATES,– Demi mewujudkan cita-cita Indonesia berdaulat pangan melalui program Lumbung Desa, Sinergi Foundation melakukan survey ke pelosok. Salah satunya, survey ke Desa Cikadu Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang dilaksanakan pada Selasa (07/02/2017).

CEO Sinergi Foundation, Ima Rachmalia menerangkan, kedatangan mereka ke desa tersebut dalam rangka meninjau kondisi masyarakat, potensi desa, serta keseriusan para pemudanya membangun tanah kelahiran mereka. “Ini baru merupakan silaturahim pertama, kami masih melihat kondisi dan potensi desa. Mudah-mudahan tidak menjadi pertemuan terakhir,” katanya.

Survey atas Desa Cikadu ini merupakan tindak lanjut dari desa yang hendak dikembangkan oleh Nuron, salah seorang peserta Workshop Lumbung Desa, 2016 lalu. Nuron yang kini menjadi fasilitator Desa Cikadu, menjelaskan bahwa desanya memiliki banyak potensi yang bisa dioptimalkan.

“Kami memproduksi 15 ton gula semut setiap minggunya. Belum lagi dengan produksi pisang dan buah-buahan lain,” ungkap Nuron.

Nuron mengaku, meski tingkat  produktivitas pertanian mereka terbilang tinggi, pendapatan yang dihasilkan para petani masih tak bisa memenuhi kebutuhan primer mereka. Sebab itu, ia sangat bergembira dengan kehadiran tim survey Sinergi Foundation. Ia berharap, kedepannya SF dapat membina desa mereka secara keilmuan, dan pemberdayaan ekonomi.

“Saya ingin desa saya sejahtera,” pungkasnya.

Lumbung desa sendiri merupakan program ketahanan pangan dalam bentuk gerakan pembentukan usaha produktif yang berbasis kepada potensi lokal pedesaan, seperti: sawah, kebun, ternak maupun home industry. Upaya ini diwujudkan melalui proses peningkatan produksi. Inti Lumbung Desa adalah mengembalikan desa kepada khitahnya: Desa sebagai sumber pangan Indonesia.Mengangkat harkat dan martabat desa, khususnya para petani.  Dampak luasnya, menciptakan kedaulatan pangan di negeri tercinta. [agh]

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.