Wakaf Sosial

 

wakaf sosial, wakaf sosial adalah, wakaf sosial merupakan, wakaf sosial sinergi foundation, apa wakaf sosial, bentuk wakaf sosial, contoh wakaf sosial, contoh wakaf sosial di indonesia, wakaf secara sosial, pengembangan wakaf sosial, lembaga pengelola wakaf, lembaga pengelola wakaf sosial, lembaga pengelola wakaf sosial sinergi foundation, lembaga pengelola wakaf sosial di indonesia, lembaga penerima wakaf sosial, lembaga pengelolaan wakaf sosial di indonesia, lembaga wakaf dan zakat, wakaf 99 sinergi foundation, wakafpro 99 , gedung wakaf 99, wakafpro 99 sinergi foundation, gedung wakaf 99 sinergi foundation, sinergi foundation bandung,

wakaf sosial, wakaf sosial adalah, wakaf sosial merupakan, wakaf sosial sinergi foundation, apa wakaf sosial, bentuk wakaf sosial, contoh wakaf sosial, contoh wakaf sosial di indonesia, wakaf secara sosial, pengembangan wakaf sosial, lembaga pengelola wakaf, lembaga pengelola wakaf sosial, lembaga pengelola wakaf sosial sinergi foundation, lembaga pengelola wakaf sosial di indonesia

Pengertian Wakaf

Kata Wakaf Secara Etimilogis berasal dari kata waqafa-yaqifu-waqfan yang mempunyai arti menghentikan atau menahan. atau berdiam di tempat atau tetap berdiri.

Wakaf dalam Kamus Istilah Fiqih adalah memindahkan hak milik pribadi menjadi milik suatu badan yang memberi manfaat bagi masyarakat (Mujieb, 2002:414).

Wakaf menurut hukum Islam dapat juga berarti menyerahkan suatu hak milik yang tahan lama zatnya kepada seseorang atau nadzir (penjaga wakaf) baik berupa perorangan maupun berupa badan pengelola dengan ketentuan bahwa hasil atau manfaatnya digunakan untuk hal-hal yang sesuai dengan syari’at Islam (M. Zein, 2004:425).

Dalam Undang-undang No. 41 Tahun 2004 mengenai Wakaf, Pengertian Wakaf adalah perbuatan hukum wakif (pihak yang mewakafkan harta benda miliknya) untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariah.

 

Macam Macam Wakaf

Wakaf terbagi menjadi beberapa macam berdasarkan tujuan, batasan waktunya dan penggunaan barangnya.

Wakaf berdasarkan tujuan ada tiga, yaitu:

  1. Wakaf sosial untuk kebaikan masyarakat (khairi), yaitu apabila tujuan wakafnya untuk kepentingan umum

  2. Wakaf keluarga (dzurri), yaitu apabila tujuan wakaf untuk member manfaat kepada wakif, keluarganya, keturunannya, dan orang-orang tertentu, tanpa melihat kaya atau miskin, sakit atau sehat dan tua atau muda.

  3. Wakaf gabungan (musytarak), yaitu apabila tujuan wakafnya untuk umum dan keluarga secara bersamaan.

Adapun Wakaf berdasarkan batasan waktunya terbagi menjadi dua macam, yaitu:

  1. Wakaf abadi yaitu apabila wakafnya berbentuk barang yang bersifat abadi, seperti tanah dan bangunan dengan tanahnya, atau barang bergerak yang ditentukan oleh wakif sebagai wakaf abadi dan produktif, dimana sebagian hasilnya untuk disalurkan sesuai tujuan wakaf, sedangkan sisanya untuk biaya perawatan wakaf dan mengganati kerusakannya.

  2. Wakaf Sementara yaitu apabila barang yang diwakafkan berupa barang-barang yang mudah rusak ketika dipergunakan tanpa member syarat untuk mengganti bagian yang rusak. Wakaf sementara juga bisa dikarenakan oleh keinginan wakif yang member batasan waktu ketika mewakafkan barangnya.

dan Wakaf berdasarkan penggunaanya dibagi menjadi dua macam, yaitu:

  1. Wakaf langsung yaitu wakaf yang pokok barangnya digunakan untuk mencapai tujuannya seperti mesjid untuk shalat, sekolah untuk kegiatan belajar mengajar, rumah sakit untuk mengobati orang sakit dan sebagainya.

  2. Wakaf Produktif yaitu wakaf yang pokok barangnya digunakan untuk kegiatan produksi dan hasilnya diberikan sesuai dengan tujuan wakaf.
 
Wakaf Sosial

Wakaf sosial adalah wakaf untuk kebaikan masyarakat (khairi), yaitu apabila tujuan wakafnya untuk kepentingan umum. di dalam Peraturan Pemerintah No.2 Tahun 1977 makna wakaf sosial di dalam nya hanya mengatur (untuk umum) atas tanah milik.

Berikut adalah Program Wakaf Sosial Sinergi Foundation diantaranya :

  1. Program Pemakaman Muslim Firdaus Memorial Park
  2. Program Rumah bersalin Cuma-Cuma
  3. Program Wakaf Madinatul Quran

 

SINERGI FOUNDATION
Call Center : 0851 0004 2009 (Telkomsel)

Alamat :

Gedung Sinergi Foundation
Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki)
No. 143 Bandung 40173
Telp: (022) 612 0218
Fax: (022) 612 0130
Web : http://www.sinergifoundation.org

Gedung Wakaf 99
Jl. Sidomukti No. 99 H Bandung 40123
Telp: (022) 251 3991
Fax. (022) 251 1865
Twitter: @sinergiID


Lokasi Kantor Sinergi Foundation

 




Members of Sinergi Foundation




Rumah Bersalin Cuma-Cuma

Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) merupakan institusi pelayanan kesehatan bagi Ibu dan Anak dari kalangan dhuafa, khususnya dalam bidang persalinan secara Cuma-Cuma dengan mengedepankan pengelolaan professional dan pelayanan maksimal

Paket Donasi :
Paket Ibu
Rp.500.000,-
Paket Anak
Rp.250.000,-
Beasiswa Pemimpin Bangsa

Beasiswa Pemimpin Bangsa Sinergi Foundation (BPB) adalah program beasiswa pendidikan terpadu dengan sistem asrama, bagi mahasiswa berprestasi dari kalangan dhuafa pada perguruan tinggi negeri di Indonesia

Lumbung Desa

Merupakan sebuah gagasan yang diinisiasi Sinergi Foundation, sebagai upaya mengembalikan desa kepada khittahnya: Desa sebagai sumber pangan Indonesia. Mengangkat harkat dan martabat desa, khususnya para petani. Dampak luasnya, menciptakan kedaulatan pangan di negeri tercinta

Sign Up for Kabar Sinergi