lumbung desa, hidroponik, ciwangi, garut

Uniknya Pengembangan Tanaman Hidroponik di Lumbung Desa Ciwangi

Ketika kami melakukan observasi lapangan di Kampung Sukasirna Desa Ciwangi, Limbangan Garut,  kami tertarik dengan salah satu program kelompok tani Puspa Reuma II yang mengembangkan tanaman hydroponic tepat diatas kolam ikan yang ada di pinggir rumah sang ketua, Iwan Kuswara. Sayuran yang ditanam di antaranya: selada, pakcoy, dan sosin. Sementara itu, dalam media polibag, kita bisa meliahat strawberry, kangkung, dan tomat.

Ide pembuatan hydroponic ini tercetus ketika dia bergabung dengan media online Facebook setelah program Lumbung Desa digulirkan di Desa Ciwangi.

“Proses perawatan yang dilakukan terbilang mudah seperti memberikan nutrisi yang dalam satu bulan hanya membutuhkan 1-2 kali. Pengontrolannya pun setiap hari berupa penyemprotan dengan air,” kata Iwan.

Namun ada beberapa kendala yaitu pembelian nutrisi yang hanya bisa didapat di toko pertanian pusat kota Bandung  dan Garut, sehingga dia harus merogoh kocek yang lumayan, sekira Rp50.000. Tak ayal, dia pun sering memesan barang secara online.

Dia menjelaskan beberapa keuntungan mengembangkan usaha di bidang hydroponic ini, misalnya tidak susah untuk merawat tanaman. “Berbeda halnya dengan sayuran yang ditanam di media tanah  harus ada penggemburan tanah terlebih dulu seperti di cangkul dan pemberian pupuk secara berkala. Tanaman hydroponic lebih praktis, walaupun memang untuk modal pertama pembuatan hydroponic ini memang tidak sedikit. Bisa mencapai Rp700.000 untuk pembukaan seluas 2×1 m2,” katanya.

“Diharapkan dengan adanya pendampingan khusus dari tim Lumbung Desa Ciwangi, selain projek utama menjadi lumbung padi, program-program yang lain seperti hydroponic ini dapat berkembang lebih besar lagi dan membantu projek untuk perkembangan desa wisata dikemudian hari,” pungkasnya. []

Ditulis oleh Rahmi Indriyani dan Gagan Setiawan, pendamping LD Ciwangi

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?