Tentang Sekantung Pundi Uang dan Kedermawanan

"Kedermawanan memberikan kesempatan bagi mereka untuk bangkit dan berdiri melukis dirinya menjadi seorang yang akan menghargai akan sebuah motif (dorongan motivasi dalam diri) yang menggerakan dirinya menjadi seseorang yang dermawan"

 

Hari itu, tangal 30 juli 2016, saya diberikan sebuah amanah yang mulia untuk menyalurkan donasi terhadap para siswa-siswi sekolah yang memerlukan bantuan. Sebuah lembaga yang menaungi sumber bantuan pendidikan bahkan di berbagai bidang yang lain, yang berkontribusi aktif dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat terutama dalam masalah  pendidikan. Lembaga yang turut aktif pula dalam penyaluran wakaf, zakat, infak dan shodaqah dengan di dasari komimen spiritual, yang menjadikan lembaga tersebut menjadi icon yang dikenal masyarakat sebagai lembaga kesejahteraan penyaluran beasiswa yang turut membantu para pelaku pendidikan (pelajar) yang memiliki semangat belajar akan tetapi tidak memiliki kemampuan dalam segi finansial. 

Inilah di antaranya tempat di mana tunas-tunas bangsa dididik yaitu SMK Al-Alfath dan SMP PGRI Cibeber tepatnya beralokasikan di daerah Cianjur. Kedua sekolah tersebut merupakan yayasan swasta yang didirikan dengan semangat kerja keras beberapa guru yang tak kenal lelah demi mewujudkan generasi bangsa yang berkualitas unggul.

Di antara pengajar tersebut adalah seorang pensiunan guru yang telah berkontribusi aktif dalam mengabdikan ilmunya bagi para siswanya. SMK Al-Fath adalah satu-satunya sekolah yang tidak memungut biaya sedikitpun dari para siswanya. Bahkan sekolah tersebut menampung para siswa dan siswi yang tidak mampu untuk melanjutkan pendidikanya ke jenjang yang lebih tinggi, dengan adanya beasiswa.

Selain itu pula, sekolah tersebut membuka ruang bagi para siswanya untuk tinggal di rumah kepala sekolah tersebut bagi siswa yang bertempat tinggal jauh dengan tanpa dipungut biaya sepeser pun. Sunguh mulianya mereka para pejuang bangsa, mereka rela mengorbankan keringat, waktu dan tenaga mereka hanya untuk memperjuangkan pendidikan. Karena pendidikan merupakan hak setiap warga Negara.

Tibanya kami di lokasi, kami disambut dengan begitu ramah, berikut suasana yang sederhana membuat kami merasa bahagia berada di antara mereka. Langit biru, sawah membentang luas dan lirihan anginpun menghiasi perjalanan dan pertemuan kita bersama mereka orang-orang yang hebat. Ya, karena bagi mereka bantuan sekecil apa pun akan dapat membantu memaksimalkan pendidikan yang masih rendah di daerah mereka.

Hari itu, ialah hari yang memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi saya, juga sahabat saya. Kedermawanan memberikan kesempatan bagi mereka untuk bangkit dan berdiri melukis dirinya menjadi seorang yang akan menghargai akan sebuah motif (dorongan motivasi dalam diri) yang menggerakan dirinya menjadi seseorang yang dermawan.

#Melangkahlah dan bantu orang lain untuk melangkah.. wink

 

Penulis : Siti Fatimah 

Editor : Mahar

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.