Tak Hanya Bahas Lumdes, Warga Ciwangi Galang Bantuan Sedekah Quran

SF-UPDATE,– Ada sisi lain yang menarik di balik proses mewujudkan program Lumbung Desa Sinergi Foundation di Ciwangi Limbangan Garut. Riungan warga yang menjadi agenda pertemuan rutinan, bukan semata membahas persiapan Lumdes, tetapi juga menyinggung kebutuhan kondisi masyarakat sekitar kelompok tani (Poktan). 

Usai menyepakati lahirnya program Rehab Rumah tak Layak Huni, baru-baru ini, lewat Riungan, warga sepakat menggalang donasi untuk penambahan invetaris Al Quran dan Buku Keislaman di sejumlah masjid dan madrasah.

“Dalam pembelajaran program Lumdes, kegiatan riungan umumnya dilaksanakan di madrasah yang berdampingan dengan Masjid Jami. Riungan tersebut, kerap memunculkan obrolan dengan peserta setempat yang memerlukan Al-Qur'an, buku Iqra dan Al-Barzanji,” ujar Pendamping Program Lumdes, Maryana Ahmad, Selasa (21/03/2017).

Setelah digali lebih dalam, imbuh Maryana, di luar dugaan, hampir semua peserta riungan, menyebut bahwa masjid atau madrasah di wilayahnya memerlukan bantuan Al-Qur'an.

Informasi tersebut kemudian disebarkan ke berbagai grup WA. Hasilnya, kurang dari sepekan, terkumpul dana sejumlah tiga juta lebih. 

Dana tersebut kemudian dibelikan 160 Al-Qur'an, 60 buku Iqra, dan 30 buku Al-Barzanji. Sementara salah satu DKM di Cicaheum Bandung memberikan bantuan 24 buku doa dan 120 majalah.

Seluruh bantuan, mulai diserahkan melalui peserta riungan yang mewakili kelompok tani (poktan), Sabtu (18/03/2017). Sementara secara simbolis, bantuan diserahkan kepada para murid/santri dari Masjid Al-Imam Al-Bukhari, dalam riungan ke-9 yang dilaksanakan di SDN Lebak Jaya RW 4 esok harinya. 

Bantuan itu, kemudian disebarkan ke 12 RW yang ada di Desa Ciwangi yang diterima oleh perwakilan poktan. Di antaranya, Endang dari RW 12 Kampung Sukamanah, Irwan Junaedi dari RW 1 Kampung Cianten, Juju Junaedi dari RW 5 Kampung Bojong, dan Miftah dari RW 11 Kampung Manjah Beureum.

Atas bantuan ini, masyarakat khususnya, santri/pelajar merasa bersyukur. Seperti yang diungkapkan Miftah dari RW 11, "Anak-anak jadi tambah semangat. Bantuan ini sangat bermanfat. Semoga menambah keberkahan untuk Desa Ciwangi." [] 

(Mahar/SF-Newsroom)

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?