#SPM-UPDATES Dari Malang, Berakhir Malang

Dua bulan sudah, Hananto Setiawan mengembara ke Kota Kembang, dari tanah kelahirannya di Malang, Jawa Timur. Maksud hati, ingin mendapat pekerjaan lebih baik. Sebab pekerjaan sebagai pedagang keliling di Kota Apel tak mencukupi kebutuhannya dan keluarga. Maka, ditemani seorang kawan, ia nekat malang melintang di kota Bandung.

Di Bandung, nasib Hananto diuji. Ia bekerja menjadi buruh bangunan berdasarkan proyek. Hananto bergembira, upah yang didapatkan sebesar Rp75.000 setiap hari, lebih besar dari penghasilannya dahulu. Namun, biaya hidup yang jauh lebih besar rupanya mengakibatkan ia tak bisa menabung. Tak ada uang yang bisa dikirimkan sebagai nafkah.

Malang tak berhenti di sana. Usai proyek pembangunan pertama selesai, temannya itu hilang tanpa kabar. Tak ada aral melintang, kawan Hananto meninggalkannya sebatang kara di kota orang. Apa boleh buat, ia pun terpaksa mencari pekerjaan seorang diri.

Satu minggu, dua minggu, ia tak kunjung mendapat pekerjaan. Uang semakin menipis, ia bahkan terpaksa menetap di bawah atap Masjid Raya Bandung. Tidur dengan alas keramik dingin yang menggelutuk punggung. Telepon genggam satu-satunya pun, ia jual demi bertahan hidup. Tak ada harta bersisa yang di bawa Hananto.

Lalu, terbesit rasa rindu ingin bertemu dengan anak-istri di ujung pulau Jawa sana. Berbekal nasihat dari sesama jamaah Masjid Raya, ia datang ke kantor Sinergi Pelayanan Masyarakat (SPM). Hendak meminta bantuan transportasi menuju Malang.

Setelah mendengar kisah Hananto, tim SPM segera memberikan biaya perjalanan. Pada jam 15.00 tanggal 26 Oktober 2016, Hananto berangkat menuju kota kelahiran.

Pembaca, mari kita doakan beliau diberikan kelancaran dan kemudahan dalam perjalanan. Sehingga, ia kembali bisa berkumpul dengan keluarga.

Kisah serupa Hananto, masih kerap ditemui. Warga dari seluruh pelosok Indonesia, berbondong-bondong ingin mengais rezeki di kota besar. Alih-alih bisa menafkahi, hidup justru terkatung-katung.
 

Salurkan donasi Anda!

BCA: 008 305 3442

A.n Yayasan Semai Sinergi Umat

#BerbagiBersinergi

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.