Sisi Tangguh Kelompok Wanita Tani di Lumbung Desa Ciwangi

Tak banyak orang tahu, di pertanian terdapat istilah Kelompok Wanita Tani (KWT). Istilah ini ada sebab peran wanita tani dinilai sangat strategis dalam peningkatan produktivitas usaha tani, juga berpotensi untuk meningkatkan pendapatan dan ketahanan pangan menuju kesejahteraan rumah tangga petani di pedesaan. Maka tak heran, Lumbung Desa pun turut pula mengembangkan KWT ini. Di Ciwangi, Garut, kami menamai KWT ini KWT Sejahtera.

KWT memberikan andil yang luar biasa terutama dari kinerja usaha, keberadaan KWT diakui sudah cukup lama namun kurang diperhatikan. Atas dasar tersebut Lumbung Desa Sinergi Foundation mencoba mendorong  wanita agar sama-sama bergerak di bidang pertanian untuk mewujudkan kesejahteraan bersama, sekaligus untuk memberdayakan wanita di sektor pertanian. Hal tersebut seiring dengan pemerintah yang akan melibatkan kaum perempuan untuk mengembangkan sektor pertanian dalam negeri.

KWT Sejahtera terbentuk atas inisiasi dari Juju, pimpinan poktan Hegar Wangi yang dibina oleh Sinergi Foundation. Ketua kelompok dari kelompok tani wanita sendiri yakni Ai, adalah salah satu tokoh agama dan tokoh penggerak wanita di Bojong. Lahan yang digarap oleh KWT Sejahtera pun sudah banyak, sekitar 20 tumbak, dan sebanyak 10 tumbak telah ditanami berbagai jenis sayuran seperti sosin, pakcoy, bawang merah, mentimun, tomat, cabai. Rencananya, sebentar lagi KWT Sejahtera akan menanam kacang kedelai  di lahan 10 tumbak untuk menambah varietas baru yang ditanam. Lahan yang diolah oleh KWT Sejahtera tadinya merupakan lahan yang kurang produktif karena sudah dipenuhi rerumputan yang cukup tinggi. Dengan adanya kegiatan ini , semoga dapat memberikan nuansa baru pada bidang pertanian khususnya  corak petani wanita.

Selain aktivitas bertani, selalu diadakan riungan rutinan setiap hari Senin, yang diisi oleh Dinas Pertanian setempat dan Pendamping Pertanian dari SF. Materi yang disampaikan cukup beragam, seperti pembuatan pestisida organik, pengetahuan umum mengenai pertanian, pengetahuan mengenai pupuk kandang, dan materi lain yang berhubungan dengan pertanian. Dengan menggagas Kelompok Wanita Tani (KWT) Sejahtera di Bojong, kami amat berharap ini menjadi cikal bakal kebangkitan KWT di Indonesia, khususnya di Ciwangi.

Disampaikan oleh pendamping Lumbung Desa Ciwangi, Gugun dan Rahmi.

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.