Sinergi Foundation Ajak Masyarakat Desa Ciwangi Riung Rintisan Lumbung Desa

SF-UPDATE,– Sinergi Foundation menyelenggarakan riungan dalam rangka rintisan Lumbung Desa, di Desa Ciwangi, Balubur Limbangan Garut. Dalam pertemuan yang telah dilakukan sebanyak empat kali itu, masyarakat setempat diedukasi dan diberi pengetahuan terkait social enterprise sebelum terjun merealisasikan program Lumbung Desa.

“Kami melihat, potensi Desa Ciwangi ini ada. Baik sawah, hutan, dan perkebunan begitu subur. Di tempat ini ada 12 wilayah, yang masing-masing potensinya beragam. Hanya saja masih carut marut, kita masih perlu mengedukasi masyarakat untuk mengoptimalkan potensi ini,” kata CEO Sinergi Foundation, Ima Rachmalia.

Ia menuturkan, potensi desa harus hidup. Dan para petani yang mengelola, harus pula bekerjasama dan berkelompok. “Tidak boleh ada yang bekerja sendiri-sendiri. Karena ini juga memudahkan mereka bargain harga kelak,” lanjutnya.

Menurut Ima, jika kelak Desa Ciwangi menjadi percontohan Lumbung Desa sebagaimana Cigalontang dan Compreng, arahnya akan tetap menuju social enterprise. Keuntungan yang dihasilkan Lumbung Desa diarahkan pada tiga hal: operasional, pengembangan aset, dan untuk mustahik yang memerlukan bantuan.

Berikut foto-foto dari riungan yang telah dilakukan:

Dalam riungan pertama, masyarakat diberi paparan tentang Lumbung Desa di Cianjur, Brebes, Bantaeng, dan Blora. Tayangan tentang LD Cigalontang pun tak lupa diputar.

Pada pertemuan kedua, sebelum masuk materi, masyarakat diajak melakukan bersih-bersih dan Gerakan Pungut Sampah.

Peserta pada riungan ketiga membahas materi berjudul "Membangun Visi".

Pada pertemuah keempat, masyarakat mengadakan penanaman pohon, seperti alpukat, kakao, kelapa, petai, dan pisang nangka. [agh]

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.