Sharing Bersama Amil SF, Erie Sudewo Bahas Character Building

SF-UPDATES,– Karakter, sebuah kata yang terlihat sepele namun sangat berpengaruh dalam sebuah kelangsungan sebuah keluarga, perusahaan, bahkan negara. Demikian dinyatakan Dewan Pembina Sinergi Foundation (SF), Erie Sudewo, dalam kegiatan sharing bersama amil Sinergi Foundation, di Training Center 99, Jl. Sidomukti No. 99 H, Bandung, Rabu (5/4/2017).

“Sayangnya, saat ini Indonesia tengah mengalami krisis karakter yang kompleks,” ujar Erie.

Menurutnya, hilangnya karakter lokal di Indonesia diawali dari sikap tidak jujur. Kompleksitas ketidakjujuran ini, jelas Erie, telah mengakar lama sehingga sulit untuk diubah, seakan masyarakat tidak diajari mengenai kejujuran dalam dunia pendidikan. Padahal dalam pandangan Luther King saja, kata Erie, menjadi cerdas dan berkarakter adalah tujuan dasar pendidikan.

Erie pun menuturkan, ada beberapa solusi yang perlu diperhatikan dalam character building. Pertama, kembali pada iman. Segala perilaku baik yang dipadukan dengan iman, katanya, akan menghasilkan sesuatu yang dinamai akhlak. Akhlak inilah yang kedepannya berpengaruh dalam membangun lingkungan.

Kedua, setiap individu perlu mengenal, mengetahui, merawat, menghargai, dan mawas diri. Ketiga, bersikap militer dan disiplin dalam menerapkan semua karakter baik, terutama dalam bersikap jujur. Cerdas diperlukan, katanya, namun, karakter jauh lebih penting.

“Ingat, competence is power, but character is more,” tandasnya. (nurm/agh)

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?