Semangat Mengkaji Islam Ala Putra-Putri Petani Lumdes Cigalontang

SF-UPDATES,– Cigalontang, sebuah desa nun jauh di kabupaten Tasik itu nampak lengang di sore hari. Hanya terdengar lantunan ayat Al-Qur’an dari pengeras suara masjid yang menggema ke seluruh kampung. Gungun Gunawan, sang pengisi suara, menyelingi bacaan ayatnya dengan uraian tafsir. Sesekali, terdengar suara anak-anak di balik speaker saat Gungun mencoba berinteraksi dengan mereka di pengajian hari itu.

Ya, kegiatan mengajar mengaji menggenapi seluruh kegiatan Gungun sehari-hari. Usai membina dan mengayomi para mitra yang tergabung dalam kelompok tani program Lumbung Desa Al Hidayah, ia terjun mendidik anak-anak desa. Mencoba menanam bibit spiritual ke sukma mereka.

Seiring dengan Lumbung Desa di Cigalontang yang semakin berkembang, hasilnya memang sedikit banyak telah menyejahterakan warga sekitar. Bahkan, sekolah yang tepat terletak di samping Masjid Al Hidayah sudah disubsidi oleh hasil lumbung. Tak perlu lagi masyarakat risau dengan biaya sekolah yang membebani punggung.

Dan lihatlah, anak-anak para petani itu menghargai benar kemudahan pendidikan yang mereka dapatkan. Termasuk dalam pendidikan agama. Setiap malam Ahad dan Kamis, mereka dengan rutin mengaji. Sering, diiringi diskusi terkait masalah keagamaan. Memuaskan dahaga ilmu.

"Alhamdulillah, di antara mereka ada anak-anak yatim yang sudah istiqomah khatam Al Qur'an setiap 11-14 hari," kata ustaz Gungun. 

Sejahtera tak hanya soal harta. Raga yang terisi regukan rohani, mendekat pada-Nya, tak pelak membuat siapapun bersedia menyungging senyum. Apapun keadaannya. Semoga jadi berkah bagi kita semua, Aamiin..

Mari ulurkan tangan kita, membantu para petani meraih hidup lebih baik.

Salurkan donasi Anda ke:

Bank Mandiri Syariah 700.098.3459
Bank Mandiri 130.000.404.0427
BCA 008.305.3477

a.n Sinergi Foundation

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.