Sandiaga Uno Isi Pembinaan Beasiswa Pemimpin Bangsa

SF-UPDATES,– Penerima manfaat Beasiswa Pemimpin Bangsa (BPB) mengikuti pembinaan entrepreneurship bersama pengusaha sukses, Sandiaga Uno. Dalam acara yang digelar di kediamannya, Jl. Tirtayasa II Jakarta itu, ia berbagi pengalaman wirausaha yang dibangunnya selama 19 tahun.

Selama menjadi entrepreneur, pria yang akrab dipanggil Sandi ini mengaku banyak mengalami kegagalan. Baik saat membangun perusahaan konsultan, ataupun menjadi investor di berbagai sektor. Namun baginya, satu-satunya jalan kesuksesan hanya satu, yaitu istiqomah.

“Di setiap tikungan, pasti ada potensi kegagalan dan kesulitan yang tinggi. Entah itu jalan yang mendaki, terjal, bahkan curam. Tapi orang sukses itu istiqomah. Ia tahu caranya bangkit setelah berkali-kali mengalami kegagalan,” tutur pria yang didaulat sebagai salah satu dari 50 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes ini.

Ia melanjutkan, “Orang sukses itu gagal sampai 11-12 kali, tapi dia bangkit 13 kali,”

Sandi pun menuturkan, setiap orang harus siap menghadapi kegagalan. Caranya, dengan mengerti ilmu. Berbisnis di bidang apapun, ujarnya, harus benar-benar dipelajari seluk beluknya. Dengan begitu, kemungkinan gagal bisa diminimalisir.

Di pembinaan itu, putra-putri BPB diminta menuliskan rencana wirausahanya. Ada yang menyatakan ingin membangun bakery, syirkah domba, juga ekowisata. Salah satu peserta pembinaan, Erfan, mengungkapkan rencananya membuat sistem IT yang memudahkan masyarakat di kehidupan sehari-hari.

“Misalnya, jika kita cukup mengatur CCTV dalam rumah melalui handphone saja. Semua berbasis online,” kata Erfan.

Sandi mengapresiasi impian sekaligus rencana para penerima manfaat BPB. “Melihat teman-teman SF, saya jadi optimistis dengan generasi muda. Masa depan Indonesia terjamin. Para pemuda yang sangat bersemangat, dan punya komitmen membangun bangsa,” tutupnya.

Reporter: Aghniya

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?