Saban Jumat, ?áWarga Ciwangi Garut Bergotong Royong Rehab Rumah Tak Layak Huni

SF-UPDATE,–Warga Kampung Cipeujeuh Desa Ciwangi Limbangan Garut yang dimotori anggota Kelompok Tani Lumbung Desa, rutin menggelar kerja bakti, memperbaiki rumah tak layak huni. Di antaranya rumah seorang difabel, Entis. Warga Kampung Bojong rt 2 rw 5 yang bertugas sebagai muazin di Masjid Miftahul Jannah.

Setiap pekannya masyarakat mengumpulkan uang untuk program gotomg royong tersebut. Saat ini terkumpul sekira satu juta-an.  Dana itu kemudian digunakan untuk beli asbes dan kayu. Sementara bambu, paku, batu, tapakan dan kebutuhan lainnya yang kecil-kecil murni dari swadaya masyarakat.

Inisiasi memperbaiki rumah tak layak huni ini merupakan hasil dari survei peserta Riungan dalam Persiapan Program Lumbung Desa. 

Ke depannya warga bersepakat untuk renovasi kediaman seorang nenek yang kerap disapa Ibu Mamah. Seorang janda jompo di Kampung Cipeujah rt 04 rw 02.

“Beliau itu janda dan tinggal seorang diri. Anak-anaknya kerja jauh sementara cucunya kadang dititipkan," kata Isti, salah seorang kader Poktan Kampung Cipeujah. 

"Di dalam rumahnya cuma ada kursi itu pun sudah jelek, dan tidak ada kamar mandi. Sementara untuk listrik masih dikasih sama tetangganya,” lanjutnya. Selama ini, imbuh Isti, ibu mamah tinggal di rumah bilik yang sebagian besar sudah rusak, terutama di bagian belakang dan samping kanan. []

Reporter : Mariana
Editor : Mahar

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.