RBC Gelar Penyuluhan Kesehatan di Desa Cilampeni Katapang

SF UPDATE,– Puluhan ibu rumah tangga warga Desa Cilampeni menghadiri kegiatan rutin ANC Mobile yang digagas Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC). Hadir dalam kegiatan itu bidan Inez Indiani yang membahas kebutuhan gizi ibu hamil dan Heru Saptono yang menjelaskan profil RBC. 

Menurut Bidan Inez, saat hamil seorang ibu sangat membutuhkan asupan makanan bergizi. "Ada tiga manfaat makanan bergizi untuk ibu hamil. Yaitu menjaga agar tidak terjadi Kurang Energi Kronis, pertumbuhan dan perkembangan janin yang baik, dan persiapan pembentukan asi," kata bidan Inez di kantor Desa Cilampeni Katapang, Selasa (14/03/2017).

Adapun gizi yang diperlukan saat hamil, imbuh bidan Inez, di antaranya kalori, protein hewani dan nabati. Ibu hamil juga butuh kandungan Asam folat, untuk mencegah cacat pada otak dan tulang belakang. Biasanya dapat ditemukan di sayuran-sayuran, kacang-kacangan.  

"Termasuk zat besi, karena ini baik untuk memproduksi sel darah merah. Pada ibu hamil kebutuhan akan zat ini bertambah dua kali lipat," lanjutnya.

Terakhir,  bidan Inez mengimbau agar asupan gizi ditambah dengan mengonsumsi vitamin. "Intinya ibu hamil harus menjaga pola konsumsi yang sehat dan bergizi.  Agar saat melahirkan bayinya sehat dan kuat," pungkasnya. []

(Mahar)

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.