berbagi, giving is cool, milenial, sedekah

Ramadhan 1439 H, Sinergi Foundation Kampanyekan “Giving is Cool”

Dalam bukunya yang bertajuk GenM #GenerationMuslim: Islam Itu Keren, peneliti Middle Class Institute Yuswohady menyebut aktivitas memberi atau giving telah menjadi gaya hidup keren di kalangan milenial muslim dewasa ini.

Ia melanjutkan, isu kemanusiaan global dan persaudaraan umat Islam (ukhuwah Islamiyah) menjadi pintu masuk bagi generasi milenial muslim untuk berbagi. Ia menjelaskan, masyarakat Indonesia sebenarnya mudah tersentuh dan bereaksi cepat dengan menggalang donasi.

Dengan modal solidaritas untuk membantu sesama dan platform berbagi, masyarakat bisa berhasil menggalang dana ratusan juta rupiah untuk satu campaign

Hal ini pula yang menjadi perhatian CEO Sinergi Foundation, Ima Rachmalia. Di Ramadhan kali ini, Lembaga Pengelola Wakaf, Zakat, Infaq, dan Sedekah tersebut berikhtiar  memunculkan rasa kepedulian dan menggerakan milenial muslim untuk melakukan aktivitas Giving.

“Salah satu yang menonjol dari aktivitas berbuat baik di dunia digital adalah semakin tingginya kegiatan giving di tengah masyarakat. Aktivitas giving telah menjadi gaya hidup keren di kalangan milenial muslim dewasa ini,” kata Ima.

Ima pun mengutip data Yuswohady. Ia mengatakan, ungkapan ‘makin kaya, makin pintar, makin banyak memberi” dianggap pas untuk menggambarkan milenial muslim. Sebab, generasi ini sudah memiliki discretionary income yang besar.

“Pendapatan “menganggur” itu tak hanya diinvestasikan untuk menambah kekayaan, tapi juga disisihkan kepada orang lain yang membutuhkan atau kekurangan,” lanjutnya.

Maka, dengan mengampanyekan Giving is Cool, Sinergi Foundation memotivasi milenial muslim untuk semakin bersemangat berbagi. Apalagi, kini tengah menginjak Ramadhan, yang dikenal sebagai bulannya berbagi.

“Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih kemuliaan di bulan Ramadhan adalah melalui zakat, infak dan sedekah,” tuturnya.

Sejumlah platform berbagi pun disiapkan untuk memudahkan berbagi. Salah satunya Zakat App, yang bisa diunduh melalui Playstore dengan sejumlah fitur antara lain: program sinergi Foundation (SF), kalkulator zakat, rekening zakat, klik donasi, dan info penyaluran donasi. Juga, donasi melalui website www.sinergifoundation.org yang diakuinya semakin mudah. []

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.