Potret Serah Terima dan Tasyakur Perampungan Masjid Ramah Gempa di Paru Keude Aceh

SF-UPDATES,– Purna sudah pembangunan Masjid Sederhana Ramah Gempa yang dibangun Sinergi Foundation di Paru Keude, Pidie Jaya Aceh. Masyarakat setempat tak perlu lagi terpaksa shalat berjamaah di antara puing-puing rumah Allah yang masih berserakan pasca gempa Desember lalu. Kini, jantung kehidupan umat Islam itu kembali dapat menaungi mereka.

Masjid itu dinamai Al Ukhuwah, menandai spirit kebersamaan dalam bingkai persaudaraan Islam, yang selama ini dijunjung tinggi masyarakat Aceh. Pun, ini menjadi simbol persaudaraan antara donatur Sinergi Foundation dengan masyarakat Pidie Jaya yang mengalami musibah Gempa. Maka, pada Jumat (27/1/2016), acara serah terima masjid pun dilakukan. 

Bagi tim SF, perjalanan ini bukan mudah. Dari Kuala Simpang, mereka perlu menempuh jarak 340 kilometer untuk sampai di Gampong Paru Keude. Perjalanan yang ditempuh sejak pukul 3 pagi ini dilakukan oleh 4 orang tim: ketua yayasan Sinergi Foundation, Drs H. Sepriyanto; korlap pembangunan Mesjid, Abdurrahman; fotografer, Andi Candra; dan Bang Iswanto sebagai perancang dan kepala tukang pembangunan masjid.

Sampai di sana, masyarakat telah bahu membahu dan bergotong royong membuat tasyakur atas pembangunan masjid. Para ibu, maupun bapak-bapak membantu pembuatan kuah beulangong, yaitu kari kambing yang dimasak di kuali besar. Semua bekerjasama, berpadu merayakan berdirinya rumah Allah. Bergembira atas kembali tegaknya pusat peradaban Islam itu.

Dalam serah terima tersebut, turut hadir sejumlah tokoh masyarakat. Selain ketua yayasan Sinergi Foundation Drs H.Sepriyanto, hadir pula para geucik (aparat desa), Kompi TNI Armed dan anggotanya, juga pihak kecamatan dan kepala desa di Gampong Paru Keude.

Berikut tim SF merekam acara tersebut:

Penyerahan Masjid dari SF diwakili Abdurrahman (Relawan/Korlap Pembangunan Masjid) kepada masyarakat diterima oleh Geuchik (Kepala desa) Paru Keude.

Suasana gotong royong pra-tasyakur masjid Al Ukhuwah

Shalat Jum'at perdana di Masjid Al Ukhuwwah

Tim SF dan geucik setempat

Reporter: Abdurrachman, Andi

Penulis: Aghniya

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.