gula aren, ciwangi, lumbung desa, garut

Potensi Gula Aren di Ciwangi, dan Pengrajinnya yang Belum Sejahtera…

Ketika tim Lumbung Desa Sinergi Foundation sedang melakukan studi pendalaman mengenai potensi lokal di kampung Depok, Ciwangi Garut, Jum’at (29/06), kami menemukan hal yang menarik di sepanjang perjalanan. Gula aren di Depok, yang menjadi kualitas unggulan di Ciwangi, diolah manual oleh masyarakat.

Gula aren di kampung tersebut, masih diolah dengan sangat tradisional menggunakan tungku dan kancah (wajan) yang cukup besar. Dalam proses pembuatannya, ia dimasak dengan kayu dan bambu kering paling lama 10 jam dan paling singkat 5 jam.

Menurut Enda salah satu pengrajin gula, ketika gula didiamkan lama tanpa dibungkus apa-apa, gula yang dihasilkan oleh pengrajin di daerah ini tidak mudah cair ketika didiamkan lama dibawah sinar matahari, berbeda halnya dengan gula dipasaran yang jika kepanasan sedikit saja sudah langsung meleleh, ditambah rasanya yang sudah tidak original yang sudah dioplos sana-sini.

Pengrajin gula aren yang ada di Depok tercatat sebanyak 9 orang yaitu Enda, Otang, Uded, Ayep, Ewon, Obar, Dudu, Encu, dan Yana. Kami bertanya berbagai pertanyaan kepada mereka dimulai dari proses pembuatan sampai dengan pemasaran. Dapat ditarik benang merah dari segi pembuatan memang membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan bisa sampai 12 jam, sehingga menyita banyak waktu, terutama tenaga mereka, dan gula yang dihasilkan dalam 1 hari diperoleh 1-4 bungkus (persatu bungkus berisi 10 buah) gula aren, yang persatu bungkusnya dijual Rp.20000-Rp.25000, sungguh memerlukan tenaga ekstra yang menurut kami tidak sebanding dengan penghasilan yang mereka dapat. Sementara kendala pada pemasaran mereka mengandalkan penjualan langsung di rumahnya.

Kami selaku tim Lumbung Desa Ciwangi berencana untuk menginisiasi lebih lanjut pengrajin gula yang ada di Depok, dengan potensi sumber daya alam yang melimpah dan sedikit inovasi dalam packaging kami yakin dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mereka. Maka dari itu kami mengajak pembaca untuk melakukan donasi bagi mereka yang punya potensi namun kurang mampu untuk memajukan tarap kehidupan mereka.

Yuk bantu mereka!

Transfer donasi Anda ke:
Mandiri Syariah 700.098.2158
a.n Semai Sinergi Umat

Ditulis oleh pendamping LD Ciwangi, Rahmi Indriyani dan Gagan Setiawan

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?