Perdalam Khazanah Islam, SF Gelar Kajian Sharing Fun Bahas Keutamaan Ilmu

SF-UPDATE,– Menyambut Jumat berkah, Sinergi Foundation menyelenggarakan kajian keislaman bertajuk Kajian Sharing Fun. Kali ini, kegiatan tersebut Ustaz Luthfi Afandi selaku pemateri membahas ihwal Keutamaan Ilmu.

Menurut Ustaz Luthfi, Dalam mencari ilmu diperlukan persiapan yang matang. Di antaranya merencanakan program khusus, mendesain, dan membuat jadwal khusus.

“Bahkan bagi orang yang tidak bisa memanfaatkan waktunya untuk mencari ilmu dapat dikategorikan sebagai orang yang lalai,” katanya di mushala Kantor Sinergi Foundation Pasir Kaliki No. 143 Bandung, Jumat (03/03/2017).

Ia menegaskan, bahwa ilmu yang diperoleh, merupakan ilmu yang bermanfaat. Bahkan dapat menjaga orang yang memperlajari ilmu tersebut dari perkara nista dan diharamkan oleh Allah.

“Segala aspek dalam kehidupan memerlukan ilmu. Dalam berdagang pun memerlukan ilmu. Jika penjual tidak memiliki ilmu, maka dikhawatirkan akan terjebak riba dalam prakteknya nanti,” kata Ustaz Luthfi.

Menurutnya, memiliki banyak ilmu yang bermanfaat bisa mendatangkan syafa’at. Meski begitu, kata Luthfi, terdapat syafa’at yang diperbolehkan dan dilarang. Salah satunya yang diperbolehkan adalah Al-Qur’an.

“Bacalah Al-Quran, kelak ia akan datang di Hari Kiamat memberi syafaat kepada para sahabat-sahabatnya.” Jelas Luthfi.

Dia menerangkan, pada Hari Kiamat, Al-Qur’an akan mendatangi orang-orang yang mengamalkan Al-Qur’an. Ada bermacam cara mengamalkannya, diantaranya; membaca Al-Qur’an, mempelajari Al-Qur’an secara khusus atau mengajarkan Al-Qur’an secara benar, dan menyelesaikan masalah kehidupan dengan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Di akhir diskusi, Luthfi berharap, akan bertambahnya generasi yang mencintai dan mengamalkan ilmu sebab akan menjadi amal jariyah di hari akhir kelak. (Nurma/ed.Mahar/SF-Newsroom)

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?