Zakat Peternakan

 

Pengertian dan Perhitungan Zakat Peternakan

Diriwayatkan oleh Abu Dzar dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda:

“Tidak ada balasan bagi pemilik unta, sapi, atau kambing, kemudian tidak mengeluarkan zakatnya, kecuali datang hewan-hewan itu pada hari kiamat dengan ukuran yang lebih besar, lebih gemuk, sambil menanduk dan menendang.” (H.R. Muttafaq Alaih)

Nishab Ternak Unta

Nishab unta adalah 5 ekor, artinya bila seseorang memiliki 5 ekor unta, dan kepemilikan itu telah berlalu selama satu tahun Hijriyah, maka ia telah wajib mengeluarkan zakat.

Ternak Sapi dan Kerbau

Sapi atau kerbau yang diwajibkan untuk dikeluarkan zakatnya adalah khusus sapi atau kerbau yang digembalakan dengan ketentuan telah mencapai nishab atau haul. Sapi atau kerbau yang dipekerjakan seperti untuk membajak tanah, atau alat transportasi, tidak wajib dizakati.

Nishab atau batas minimal kepemilikan sapi atau kerbau sehingga diwajibkan dikeluarkan zakatnya adalah 30 ekor. Jika seseorang telah memiliki 30 ekor sapi atau kerbau atau lebih, dan telah berlalu satu tahun Hijriyah, maka telah wajib mengeluarkan zakat atas kepemilikan sapi atau kerbaunya.

Ketentuan Zakat Sapi atau kerbau

Sapi (ekor)   Zakat yang dikeluarkan
30-39  1 ekor sapi tabi' atau tabi'ah
40-59  1 ekor musinnah
60-69   2 ekor tabi' atau tabi'ah
70-79   1 ekor tabi' dan 1 ekor musinnah
80-89    2 ekor musinnah

                                

Ternak Kambing

Nishab kambing atau batas minimal kepemilikan kambing sehingga wajib dikeluarkan zakatnya adalah 40 ekor. Jika seseorang telah memiliki 40 ekor kambing atau lebih, dan telah berlalu selama satu tahun Hijriyah maka telah wajib zakat atas kepemilikan kambingnya.

Ketetapan Zakat Kambing

Kambing (ekor)  Zakat yang dikeluarkan
40-120    1 ekor kambing
121-200  2 ekor kambing
201-300  3 ekor kambing
301-400  4 ekor kambing

Selanjutnya setiap pertambahan 100 ekor, maka zakatnya bertambah seekor kambing. Dan tidak ada tambahan zakat apapun sampai genap mencapai jumlah 100 ekor berikutnya.

 


Lokasi Kantor Sinergi Foundation

 




Members of Sinergi Foundation



Mitra Corporate





Rumah Bersalin Cuma-Cuma

Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) merupakan institusi pelayanan kesehatan bagi Ibu dan Anak dari kalangan dhuafa, khususnya dalam bidang persalinan secara Cuma-Cuma dengan mengedepankan pengelolaan professional dan pelayanan maksimal

Paket Donasi :
Paket Ibu
Rp.500.000,-
Paket Anak
Rp.250.000,-
Beasiswa Pemimpin Bangsa

Beasiswa Pemimpin Bangsa Sinergi Foundation (BPB) adalah program beasiswa pendidikan terpadu dengan sistem asrama, bagi mahasiswa berprestasi dari kalangan dhuafa pada perguruan tinggi negeri di Indonesia

Lumbung Desa

Merupakan sebuah gagasan yang diinisiasi Sinergi Foundation, sebagai upaya mengembalikan desa kepada khittahnya: Desa sebagai sumber pangan Indonesia. Mengangkat harkat dan martabat desa, khususnya para petani. Dampak luasnya, menciptakan kedaulatan pangan di negeri tercinta

Sign Up for Kabar Sinergi