Pembinaan Rutinan BPB Bahas Memahami Kepemimpinan dalam Islam

SF-UPDATE,– Ada yang menarik kali ini di Pembinaan Keagamaan rutinan Beasiswa Pemimpin Bangsa (BPB) Sinergi Foundation, Kamis (27/10/2016). Menyinggung isu yang tengah hangat, pembinaan kali ini membahas ihwal konsep kepemimpinan dalam Islam.

Kajian ini menghadirkan asatiz Masjid Al Lathiif Bandung, Ustaz Rahmat Baiquni. Pada keberlangsungan kajiannya, para mahasiswa lebih banyak dihantarkan dalil-dalil naqli tentang leadership dalam Islam.

Menurut Ustaz Rahmat, masalah terbesar umat Islam sekarang ini adalah ketiadaan seorang khilafah yang mampu memimpin umat Islam di seluruh belahan dunia. Sebuah Hadis shahih benar-benar menyuratkan hal tersebut.

….Tidak halal bagi tiga orang yang berada di bumi yang lapang kecuali mereka mengangkat salah seorang dari mereka sebagai pemimpin atas mereka (HR Ahmad)

“Bayangkan tiga orang muslim di bumi tanpa pemimpin saja sudah dalam keadaan jahiliyyah. Bayangkan sekarang umat muslim di dunia ini ada 1,2 miliar dan hidup tanpa pemimpin,” ujar Ustaz Rahmat mengomentari makna hadits tersebut

Dalam pembinaan yang dihelat di Aula Gedung Wakaf 99 itu, Ustadz Rahmat juga membahas bagaimana hukum mengangkat pemimpin yang tidak beragama Islam. Pembahasan itu didasarkan pada ayat yang sedang menjadi polemik di masyarakat akhir-akhir ini, Al-Maidah ayat 51.

“Mau alasan apa pun, tidak bisa dibenarkan memilih pemimpin dari kalangan non-muslim,” tandas pakar Kajian Akhir Zaman itu. []

 

Penulis : Nenon

Editor : Maharevin

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?