Optimalkan Tanaman Lokal, Alumni BPB 1 Ini Turut Berdayakan Potensi Pertanian Subang

SF-UPDATE,– Membanggakan, salah seorang alumni Beasiswa Pemimpin Bangsa (BPB) angkatan pertama, Sudisto terlibat dalam menginisiasi gerakan Pemberdayaan Pertanian di Subang. Lewat komunitas bernama Atsiri Garden, mereka bahu membahu mengoptimalkan Sereh Wangi, Nilam, dan Cengkeh untuk diolah menjadi produk yang lebih bermanfaat cum bernilai jual lebih.

Sudisto bercerita, Atsiri Garden sendiri mulai berjalan Februari 2016 yang diawali dengan percobaan penanaman tanaman Nilam dan Sereh Wangi.

“Selain itu, kami juga bergerak memproduktifkan rempah Temukunci. Selain dijual dalam kemasan yang masih segar, juga diproses menjadi sliced kering dan minyak,” ungkap alumnus Pertanian Unpad Jatinangor angkatan 2009 ini.

Saat ini Atsiri Garden mempunyai 3 alat distilasi dengan 1 alat kapasitas 1,2 ton, 1 alat kapasitas 600 kg  dan 1 alat ukuran 200kg. Permintaan minyak baru untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri.

Atsiri Garden juga telah mengeluarkan 2 produk bermutu, yaitu "Leaf" untuk essential oil dan "mikroba" untuk pupuk organik cair. Program ini menggandeng PT. Sinkona Indonesia Lestari dan PT. Gumelar Nyomot Lestari. Prestasi yang ditorehkan Sudisto ini, kian menambah banyak deretan prestasi baik yang dilakukan oleh mahasiswa BPB yang masih aktif, maupun yang sudah menjadi alumni dari masing-masing kampusnya. []

 

Reporter: Nenon

Editor: Maharevin

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.