Ooh, Jadi Seperti Ini Prosedur Jadi Member RBC

SF-UPDATE,– Almanak 2016 ini, Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC) genap berusia 12 tahun. Dalam catatan sejarah, RBC telah melayani 6.772 persalinan, dengan jumlah member yang berkembang lebih dari 7.500 orang. Banyak langkah yang dilakukan untuk memperluas jangkauan kebermanfaatan program non-profit ini. Di antaranya dengan program RBC sapa warga.

Di antara sekian banyak pertanyaan tentang RBC, tak sedikit yang bertanya ihwal bagaimana caranya bila ada yang ingin menjadi member? Kepala Cabang RBC Katapang, Budimansyah dengan jelas menjelaskannya.

“Yang jelas muslimah sudah menikah dan sedang hamil. Dibuktikan dengan surat nikah yang sah, KTP, dan Kartu Keluarga,” kata Budi di kantor Sinergi Foundation Pasir Kaliki Bandung.

“Ada juga tambahan seperti pas photo, Surat Keterangan Tidak Mampu, seminimal setingkat kelurahan. Buat rekomendasi dari DKM masjid setempat juga,” lanjutnya.   

Setelah itu calon member mendaftar langsung ke RBC dengan membawa persyaratan tersebut. Mereka akan diwawancara dengan sistem scoring. Dianggap lulus seleksi selanjutnya bila skor di atas 50 poin.

Indikasi, misalnya dari kedhuafaan, pendidikan, kesehatan, dan keimanan (perilaku). Untuk keimanan sendiri, misalnya shalat atau tidak, bisa baca Quran atau tidak, dan sebagainya.

Menurut Budi, RBC ini memang layanan kesehatan cuma-cuma, tapi bukan sekadar layanan kesehatan yang cuma-cuma. Tak hanya melayani para pasien, namun juga mengusung spirit dakwah di dalamnya. Hubungan yang dijalin bukan sekadar pasien dan dokter, tapi juga sebagai umat muslim.

RBC juga ingin membangun edukasi kesehatan dan spirit keislaman para member-nya. Karena itu, mereka dibina dengan diadakannya kajian-kajian rutinan.

Lanjut proses, setelah lulus wawancara Tim Lamus mengutus petugas untuk mensurvei tempat tinggal member. Hal ini dilakukan untuk mencocokan hasil dengan kondisi fakta pasien. Bila ada yang berbohong, tentu akan mengurangi poin yang besar.

Lolos dari proses survei, tak lama kemudian member mendapatkan nomor seri RBC dalam bentuk buku. Dengan demikian, member baru itu mendapatkan hak untuk mendapatkan bantuan dari pelayanan pra sampai pasca melahirkan. []

Penulis : Maharevin

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.