Observasi Masyarakat Desa, SMA IT Insantama Kunjungi Lumbung Desa Cigalontang

SF-UPDATES,– Para pelajar SMA IT Insantama Bogor mengadakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Menengah (LKMM) di daerah terpadu Lumbung Desa Sinergi Foundation, kampung Cibaeud desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya, 3-5 Oktober 2017. Dalam kegiatan ini, mereka belajar memetakan dan memecahkan masalah yang terjadi di masyarakat desa.

“Kami memilih Cigalontang karena ini wilayah pemberdayaan Sinergi Foundation, yang pasti memiliki masalah-masalah menarik sebagai desa binaan,” kata Direktur Kesiswaan Insantama, Karebet.

Dari hasil observasi 114 siswa Insantama, mereka menemukan bahwa desa ini memiliki limpahan potensi yang menjanjikan seperti pertanian. Sawah dan perkebunan menghampar di Cigalontang. Dan terutama, potensi sosial masyarakat yang amat bersahaja dan guyub.

“Satu hal yang tak bisa lepas dari warga Cibaeud, yaitu sifat ikhlas dan keguyuban mereka. Mereka sangat bersahaja terhadap sesama dan kami orang-orang baru,” katanya.

Kendati demikian, mereka pun mendapati sejumlah masalah, salah satunya tidak optimalnya pengelolaan seluruh potensi yang ada. Dengan adanya pemetaan masalah oleh Insantama, ia berharap ini bisa menjadi bahan evaluasi agar masyarakat berbenah menuju lingkungan yang lebih baik. (agh)

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.