Tiga Mahasiswa Berprestasi BPB Maju ke Pimnas dengan Zephyrus

Kamis, 10 Agustus 2017 11:30 WIB

SF-UPDATES,-- Tiga mahasiswa penerima manfaat Beasiswa Pemimpin Bangsa (BPB), di antaranya Ahmad Wirantoaji Nugroho dari jurusan Meteorologi ITB, Andryansah Bagas dari jurusan Teknik Geologi ITB, dan Novianti Rossalina dari jurusan Desain Produk ITB maju ke PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiwa Nasional) ke-30 sebagai delegasi PKM bidang Karsa Cipta. Tim yang diberi nama ZEPHYRUS ini menciptakan sebuah sistem pengantar pesan cuaca serta ketinggian air sungai berbasis android dan sms satelit sebagai antisipasi terjadinya bencana banjir.

Menurut Ahmad Wirantoaji, ide ini diawali oleh keresahan mereka terhadap kondisi Bandung Selatan yang rawan banjir. Mereka menilai ini disebabkan kurangnya informasi yang efektif untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir tersebut. 

Tim ZEPHYRUS melaksanakan kegiatan PKM ini selama empat bulan, yang kegiatannya terdiri dari beberapa tahap seperti tahap persiapan, perakitan alat, pembuatan aplikasi, pengintegrasian sistem, dan sosialisasi kepada masyarakat. Output dari program PKM tim ZEPHYRUS ini adalah sebuah alat pengukur cuaca dan ketinggian air sungai yang bernama AWLR-WS (Automatic Water Level Range- Weather Station) yang terintegrasi dengan sms modul dan aplikasi android yang diberi nama ZEPHYRUS. Alat AWLR-WS dipasang di Teras Cikapundung, dan dapat merekam data cuaca dan ketinggian air sungai. Data yang diperoleh akan dikirim ke server dan diolah menjadi informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat melalui sms dan aplikasi ZEPHYRUS.

“Harapannya, dengan adanya sistem ini masyarakat lebih waspada dan siap siaga untuk menghadapi banjir yang akan melanda. Sehingga dapat mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh bencana banjir,” katanya.

Kegiatan PIMNAS Ke-30 ini akan diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia Makassar. Pembukaan PIMNAS ke-30 akan dilselenggarakan pada tanggal 23 Agustus 2017 dan penutupan  yang disertai penganugerahan medali pemenang pada tanggal 26 Agustus 2017.

“Mohon do’a dan dukungannya,” tandasnya. []


 

 


SINERGI FOUNDATION (SF) adalah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah). Dengan sinergi antar segenap elemen peduli guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian, SF berkomitmen meretas jalan bersama melalui pendayagunaan sumberdaya lokal, menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter.


Kantor

SF Bandung

Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki)

No. 143 Bandung 40173

Telp: (022) 6120 218

Fax: (022) 6120 130

 

Gedung Wakaf 99

Jl. Sidomukti No. 99 H Bandung 40123

Telp: (022) 251 3991

Fax: (022) 2511 865

 

SF Jakarta

Hotel Kartika Chandra (Safari Suci Office) Kav.12

Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta Selatan 12930



Copyright Sinergi Foundation © 2017 - Disclaimer | Privacy Policy