Sinergi Foundation

merupakan lembaga independen milik publik yang berupaya mendorong serta membangun kolaborasi
menuju masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter
 

#Sinergi Sejuta Empati Dukung Palestina

Jumat, 25 Juli 2014 15:14 WIB | Admin - Sinergi Foundation
 

#Sinergi Sejuta Empati Dukung Palestina

Bentuk kepedulian terhadap Gaza bisa dilakukan dengan beragam cara. Bukan sekadar menyumbangkan donasinya saja, melainkan juga dengan membumbuhkan secarik tanda tangan dan doa.

Seperti yang terlihat di acara The Miracle of Ramadhan, yang dihelat Event Organizer, bekerjasama dengan Sinergi Foundation. Ribuan pengunjung Mall tampak membubuhkan tanda tangannya sebagai simbol dukungan bagi palestina, dalam sub gelaran The Miracle Ramadhan, bertajuk #Sinergi Sejuta Empati Dukung Palestina. Acara yang digelar di Mall Festival Citylink selama 2 hari, Rabu- Kamis (24-25/7/2014) ini, terselenggara atas inisiatif Persatuan Islam Tionghoa, Character EO, Ratu Production, menggandeng lembaga kemanusiaan Sinergi Foundation. Selain membubuhkan tanda tangan, para pengunjung pun turut serta berbagi empati, dengan menyisihkan sebagian rezeki, untuk sesamanya di Palestina yang tengah dirundung derita.

Persaudaraan Islam terbukti melampaui batas-batas teritorial Negara bangsa. Derita Muslim Gaza yang tengah teraniaya di Palestina menghentak nurani setiap kita, yang terpaut jauh dari sisi jarak, namun dekat di hati. Pelbagai aksi dan gerakan mengutuk kekejian zionis Israel sang penjajah dilakukan dengan ragam cara, di manapun, kapanpun. #Sinergi Sejuta Empati Dukung Palestina, satu  di antaranya. 

“Ide acara ini  muncul spontan, sebagai bentuk keprihatinan kami atas serangan membabibuta yang dilakukan zionis yahudi kepada kaum muslimin di Gaza, Palestina. Untuk penyaluran dana yang terkumpul dari aksi ini, kami berkerjasama dengan Dompet Dhuafa Jabar- Sinergi Foundation,” ungkap Ketua Pelaksana kegiatan, Jaya Sumaatmaja di sela-sela acara.

Jaya mengungkapkan kesedihannya atas derita yang dialami saudara semuslim di Palestina-Gaza. Namun, ia sadar, tak banyak yang bisa dilakukannya. Melalui kegiatan The Miracle of Ramadhan, setidaknya dapat menjadi fasilitas ia dan segenap kaum peduli untuk mendonasikan hartanya kepada lembaga yang tepat dan terpercaya. Kelanjutan dari aksi tersebut, donasi dan dukungan akan diserahkan secara simbolisasi di akhir acara, hari ini, Jumat, selepas Maghrib (25/07/2014). 

Sementara, perwakilan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Edy Chang berkomentar, bahwa sebagai seorang muslim, dirinya merasa prihatin sekali terhadap kebiadaban zionis laknatullah kepada saudara muslimnya di Gaza. 

"Kami prihatin dengan kondisi yang menimpa warga Gaza. Kami juga menyayangkan ketidakadilan PBB dalam menangani dan menyelesaikan permasalahan kemanusiaan ini," papar Edy yang juga merupakan Sekjen PITI. 

 

Kemudahan Donasi

 class=Untuk kemudahan pengunjung menyalurkan donasi, tepat di samping panggung terdapat stand #sinergipedulipalestina. Ditutupi oleh selembar kain putih panjang, para pengunjung selain berdonasi, bisa membumbuhkan kepeduliannya lewat secarik pesan dan segurat tanda tangan.

Keberadaan stand tersebut ternyata sangat membantu para pengunjung untuk memudahkan mereka memberikan donasinya. Seperti yang diungkapkan Dian Nursantika.

“Syukur wa alhamdulillah, akhirnya saya bisa ikut berkontribusi untuk meringankan beban penderitaan warga Gaza-Palestina. Walaupun yang saya berikan tidak seberapa semoga dapat bermanfaat,” kata Dian.

Kepada penjaga stand, Dian sempat bertanya untuk memastikan kepastian sampainya dana yang telah disumbang tersebut. Setelah yakin, barulah ia menyisihkan sebagian harta ke dalam kotak donasi untuk palestina.

Dian juga mengimbau kepada segenap muslimin agar tidak usah ragu-ragu mendonasikan hartanya untuk Gaza. Apalagi bila donasi tersebut disampaikan kepada lembaga yang kredibilitasnya jelas, salah satunya Dompet Dhuafa Jabar- sinergi foundation.

 

#Sinergi Bantu Palestina

 class=Di pengujung  Ramadhan yang Agung, ketika kita sedang khusyuk menikmati ibadah shaum, ada tragedy kemanusiaan di Gaza. Lihatlah di sana, saudara seiman yang adalah separuh dari tubuh kita, terus dibombardir secara membabibuta oleh zionis Israel laknatullah. senapan serbu dan bom-bom serdadu zionis  laknatullah membombardir Gaza, Palestina. Saat tulisan ini dibuat, tiga ratusan korban sudah berjatuhan.

Dan, bukankah Rasulullah bersabda: Orang-orang mukmin dalam hal saling mencintai, mengasihi dan menyayangi bagaikan satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga (tidak bisa tidur) dan panas (turut merasakan sakitnya). (HR Muslim)

Sahabat, seperti hadist di atas, bukankah muslim bersaudara? Derita muslim Gaza, sembilu di tubuh kita. Ayo #Sinergi Bantu Palestina!

Transfer Donasi:

BCA Syariah: 0356 800 800

Atas Nama Sinergi Foundation

(kodebank 536 untuk transfer antar rekening).


 

Lihat Berita Lainnya



Members of Sinergi Foundation



Mitra Corporate