Sinergi Foundation

merupakan lembaga independen milik publik yang berupaya mendorong serta membangun kolaborasi
menuju masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter
 

Sambut Ramadhan 1437 H, Sinergi Foundation Ajak Masyarakat #BerbagiBersinergi

Senin, 06 Juni 2016 20:02 WIB | Admin - Sinergi Foundation
 

SF-UPDATE,-- Ramadhan. Momentum yang begitu dirindukan kehadirannya. Bulan yang teramat istimewa, sehingga detik demi detiknya terasa sayang untuk dilewatkan begitu saja, tanpa sesuatu yang bermakna lebih, untuk hari depan seorang muslim.

Setiap kita berlomba melakukan amal terbaik. Tak sungkan berbagi kebaikan, bahkan sinergi, bergandengan tangan agar maslahatnya meningkat berlipat, dirasakan  langsung oleh umat.

Karenanya, mengusung tema  Ramadhan #BerbagiBersinergi, Sinergi Foundation (SF) sebagai lembaga pengelola Wakaf, Zakat, Infak-Sedekah,  terus berupaya menggugah kepedulian masyarakat menggapai visi: tak berhenti berbagi manfaat untuk negeri, dengan upaya mengajak berbagai lapisan masyarakat untuk menyatukan gerak, langkah, bersinergi. Karena diyakini, bahwa berjamaah itu akan berdampak lebih, tinimbang berjalan sendirian.

Seperti sabda Rasulullah SAW: “Hendaklah kalian berjamaah dan jangan bercerai berai, karena syetan bersama yang sendiri dan dengan dua orang lebih jauh. Barangsiapa ingin masuk ke dalam surga maka hendaklah komitmen kepada jama’ah” (HR At-Tirmidzi)

Chief Executive Officer (CEO) Sinergi Foundation (SF) Ima Rachmalia, kepada media menyampaikan bahwa spirit berbagi tak melulu terukur dari seberapa besar nominal materi yang diberi. Ia terpancar dari hati yang gusar manakala kezaliman terjadi di depan mata, dan lalu mencoba berbuat apa yang bisa diperbuat. Ia bersemayam dalam jiwa, yang rindu kedamaian dan keadilan.

Masih menurut Ima, sedangkan spirit sinergi itu kesadaran, bahwa kita bukan makhluk individual. Sebaliknya, tambah Ima, sebagai pengemban amanah kelestarian bumi, manusia justru dituntut untuk bergandengan tangan, rapatkan barisan, tebarkan rahmat untuk seluruh alam.

Maka dalam Islam, kata Ima, dikenal  istilah Zakat, Infaq (Sedekah), Wakaf, di antara instrumen syariah, yang menjembatani hubungan antar makhluk, dan relasi makhluk-Khaliknya. “Ia hadir bukan sekadar menumbuhsuburkan spirit berbagi, melainkan berjalin kelindan dengan bersinergi (jalin ukhuwah) yang menebarkan  kesejatian, bahwa setiap kita (muslim) adalah saudara,” katanya.

Melalui kampanye Zakat itu Kewajiban, (Infaq) Sedekah  menyempurnakan, Wakaf Abadikan Kebaikan, yang dibingkai dalam tema #BerbagiBersinergi, sambung Ima, SF tak hendak menggurui/mengajari segenap kaum peduli. “SF sebatas mencoba untuk terus mengajak seluruh komponen bangsa, utamanya kaum muslimin, untuk tak berhenti berbagi manfaat untuk negeri. Sekecil apapun itu, maka nilainya sungguh berharga di mata sesama yang membutuhkan. Dan mudah-mudahan di mata Allahu Ta’ala, kelak. Aamiin,” pungkas Ima.

 

Kiprah Sinergi Foundation

Sinergi Foundation (Yayasan Semai Sinergi Umat) sendiri adalah lembaga independen (pengelola Wakaf, Zakat, Infak-Sedekah) milik publik, yang berupaya mendorong, menginspirasi, serta membangun kolaborasi menuju masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter.

Meretas embrio kelembagaan sejak tahun 2002, yayasan Semai Sinergi Umat (SINERGI Foundation)secara formil disahkan dalam Akta Notaris Nomor 24, tanggal 17 Februari 2011, yang dibuat oleh Notaris Evi Hibridawaty, SH. Dan diputuskan oleh keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU – 5622.AH.01.05. Tahun 2011 tentang Perubahan Anggaran Dasar Yayasan Pasal 1 dan Pasal 5, yaitu Perubahan Nama menjadi Yayasan Semai Sinergi Umat atau SINERGI Foundation (SF).

Adapun jajajaran Dewan Pembina SF antara lain, Ketua: Prof. Dr. KH. Miftah Faridl (Ketua Umum MUI Kota Bandung cum Ketua Dewan Pertimbangan MUI Jabar), H. Rachmat Badruddin (Ketua Dewan Teh Indonesia), (alm) Ir. H. Achmad Noe’man (Maestro Arsitektur Masjid Indonesia), Drs. H. Erie Sudewo MDM (Social Entrepreneur, Tokoh Zakat Nasional), Dr KH Saiful Islam Mubarak (Pakar Ilmu Al Quran). Dewan Pengawas (Syariah): KH. Athian Ali M. Da’i Lc MA (Pakar Ilmu Syariah), Dr. H. Tata Fathurrahman (Akademisi), Drs. H. Teguh Kustiono (Auditor Profesional).

Beragam kreativitas program pemberdayaan yang inspiratif di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan pembangunan sosial SF hadir menyentuh langsung masyarakat lapisan paling bawah di negeri ini.  Program-program tersebut antara lain: Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC), Lumbung Desa (LD), Beasiswa Pemimpin Bangsa (Sinergi Scholarship), Firdaus Memorial Park (FMP), Sinergi Pelayanan Masyarakat, dan beberapa lainnya. Info lebih lanjut bisa klik diwww.sinergifoundation.org. []


 

Lihat Berita Lainnya



Members of Sinergi Foundation