Sinergi Foundation

merupakan lembaga independen milik publik yang berupaya mendorong serta membangun kolaborasi
menuju masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter
 

Lagi, RBC Jadi Saksi Kelahiran Bayi Pasangan Dhuafa

Rabu, 06 Januari 2016 16:38 WIB | Admin - Sinergi Foundation
 

SF-UPDATE,-- Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC), kembali menjadi saksi syahdu kelahiran buah hati sepasang dhuafa. Ditangani Bidan Windy dan Bidan Fenny, anak pertama pasangan Muslim dan Anti ini lahir dalam keadaan baik di RBC Holis-Bandung, pada Senin (04/01/2016). 

Bidan Windy mengungkapkan, kendati demikian, berat badan sang bayi tergolong rendah, 2.000 gram dan panjang badannya sekitar 45 cm. Hal ini disebabkan, kurangnya asupan nutrisi saat ibu mengandung.

Hal ini diakui sang ayah, Muslim mengatakan sebagai seorang buruh plastik tak memberinya banyak kesempatan untuk membelikan istrinya makanan yang bergizi. Alhasil, mereka kerap memakan makanan yang sederhana, tak jarang di kondisi yang semestinya banyak asupan gizi, sang istri hanya makan sekali dalam sehari. 

Namun Muslim tetap bersyukur, karena telah banyak terbantu dengan menjadi member RBC. Disambung istrinya, Anti bercerita, ia mengetahui adanya kegiatan RBC yaitu ANC mobile ketika ada suatu kegiatan di kelurahannya. 

"Ketika mengetahui program tersebut, dengan semangat saya mendaftarkan diri sebagai member agar suami tidak perlu pusing-pusing memikirkan biaya periksa hamil dan persalinan saya," ujar Ny. Anti. 

Diakui Muslim, pelayanan dari Tim RBC sangat bagus. Ia mengatakan, “Meski gratis namun pelayanan RBC, jempol, tos sae pisan (terj_sudah bagus sekali).”

Menyikapi soal kekurangan gizi, Bidan Windy menegaskan, Tim RBC berupaya memberikan solusinya. Yakni dengan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Di mana, imbuhnya, setiap ibu yang periksa dengan gangguan pertumbuhan janin diberikan dua telur ayam rebus dan USG jika diperlukan. 

RBC ini, sambung Bidan Windy, merupakan institusi pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak dari kalangan dhuafa, khususnya dalam bidang persalinan secara cuma-cuma dengan mengedepankan pengelolaan profesional dan pelayanan maksimal.

“Meski memberi pelayanan secara gratis, namun kami sebagai tenaga kesehatan tetap melaksanakan tugas dengan profesional, tidak memandang tingkat kedhuafaan para member. Serta memberi pelayanan pada para member dengan sebaik-baiknya,” ujar Bidan Windy.

“Mudah-mudahan RBC dapat membantu lebih banyak lagi ibu hamil kaum dhuafa dan dapat lebih meningkatkan mutu pelayanan menuju RSIA sinergi,” tandas Bidan Windy berharap.

(resty/rbc-sf))


 

Lihat Berita Lainnya



Members of Sinergi Foundation