Prof Elizabeth Widjaja Imbau Selaawi Kembangkan Nilai Tambah Bambu

Rabu, 18 Oktober 2017 09:25 WIB

SF-UPDATES,-- Potensi bambu di bakal Lumbung Bambu Sinergi Foundation di Selaawi, Garut, sangatlah besar. Hanya saja, pengolahannya harus terus dikembangkan, agar masyarakat bisa merasakan nilai tambah dari bambu. Demikian penuturan pakar taksonomi bambu satu-satunya di Asia, Prof Elizabeth Widjaja, dalam rangkaian Workshop Konservasi Bambu, Desa Samida Selaawi Garut, Selasa (17/10/2017).

“Saya senang sekali ada bambu gombong dan betung di Selaawi. Harapannya ada industri yang potensial meningkatkan nilai tambah,” katanya.

Dan untuk meningkatkan nilai tambah ini, lanjut Prof Elizabeth, banyak jalannya selama mau mengasah kreativitas. Bambu bisa dijadikan produk souvenir, kerajinan tangan, bungkus makanan, bahkan pangan rebung di rumah makan.

“Pun, kalau masyarakat memiliki ide pengembangan, kita harus bersedia membangun dan mengarahkannya,” terangnya.

Sementara itu, Camat Selaawi, Ridwan Effendi menerangkan bahwa daerahnya itu telah mem-plot setiap desa untuk meningkatkan kemanfaatan bambu. Misal di Mekarsari, katanya, ada pembuatan sangkar burung dan Cigawir dengan pangan rebungnya. Desa-desa lain, bergerak pula di bambu konstruksi dan furniture.

“Termasuk Samida, yang bergerak di bahan baku dan konservasi,” katanya.

Ia memungkas, “Saya harap kebermanfaatannya terus meluas demi kesejahteraan masyarakat. Saya haturkan terima kasih untuk Sinergi Foundation dan segenap donatur yang banyak mendukung kemajuan lumbung bambu,” (agh)


 

 


SINERGI FOUNDATION (SF) adalah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah). Dengan sinergi antar segenap elemen peduli guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian, SF berkomitmen meretas jalan bersama melalui pendayagunaan sumberdaya lokal, menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter.


Kantor

SF Bandung

Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki)

No. 143 Bandung 40173

Telp: (022) 6120 218

Fax: (022) 6120 130

 

Gedung Wakaf 99

Jl. Sidomukti No. 99 H Bandung 40123

Telp: (022) 251 3991

Fax: (022) 2511 865

 

SF Jakarta

Hotel Kartika Chandra (Safari Suci Office) Kav.12

Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta Selatan 12930



Copyright Sinergi Foundation © 2017 - Disclaimer | Privacy Policy