Sinergi Foundation

merupakan lembaga independen milik publik yang berupaya mendorong serta membangun kolaborasi
menuju masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter
 

Maestro Arsitektur Masjid Indonesia Tutup Usia

Senin, 04 April 2016 19:13 WIB | Admin - Sinergi Foundation
 

SF-UPDATE,-- Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Maestro arsitektur masjid Indonesia, sekaligus Dewan Pembina Sinergi Foundation, Ir. H. Ahmad Noe’man berpulang ke rahmatullah Senin (4/4/2016), pada pukul 15.45 WIB. Setelah seminggu dirawat di RS Borromeus-Bandung, beliau mengembuskan nafas terakhir di usia ke-91 tahun karena sakit.

Ir. H. Ahmad Noe’man lahir di Garut, 10 Oktober 1925. Ayahnya seorang pendiri Muhammadiyah di Garut. Dan karena perannya, mengharuskan sang ayah membangun sarana pendidikan dan masjid. Saat itulah, jiwa arsitektur Noe’man mulai tumbuh.

Semasa hidupnya, beliau banyak merancang arsitektur masjid di Indonesia. Di antaranya Masjid At Tin, Masjid Salman ITB di Bandung, Masjid Taman Ismail Marzuki di Jakarta, Masjid Al Ghifari IPB di Bogor, Masjid Komplek Perumahan Pramuka Cibubur, dan Masjid Al Furqan UPI di Bandung.

Di kancah internasional, namanya tak kalah harum. Ia sempat mencatatkan namanya sebagai perancang mimbar Masjid Al Aqsa di Palestina pada 1993. Ia juga merancang arsitektur untuk Masjid Syeikh Yusuf di Afrika Selatan, dan Masjid Muhammad Suharto di Sarajevo Bosnia.

Dengan membangun arsitektur masjid, ia meyakini itu adalah jalan dakwahnya. Dalam suatu kesempatan, ia menyatakan harapannya agar karya-karyanya itu bisa memberikan kemaslahatan bagi umat.

Dari informasi yang dihimpun Alhikmah, jenazah Noe’man dibawa ke rumah duka di Jalan Karanglayung 10 Bandung untuk dipulasara. Jenazah akan dishalatkan di Masjid Salman ITB, lalu dimakamkan di pemakaman umum Cikutra esok pagi hari. []

Penulis : Aghniya Ilma Hasan


 

Lihat Berita Lainnya



Members of Sinergi Foundation



Mitra Corporate