Inovasi Wakaf Dari Negeri Singa

Kamis, 22 Mei 2014 10:47 WIB

Studi Banding WakafPro 99 ke MUIS Singapura

Khusus untuk wakaf, MUIS memiliki fokus dalam memproduktifkan asset wakaf di bidang property dan dikelola oleh sebuah perusahaan real estate, WAREES Investment Limited Ptd.

Terkait Rekomendasi Syari MUI Pusat Tinjau Lokasi Firdaus Memorial ParkPertengahan Mei 2014 lalu, tim Wakafpro 99 – Sinergi Foundation yang diwakili oleh Direktur WakafPro 99, Asep Irawan, melakukan studi banding ke Islamic Religious Council of Singapore (MUIS). Di Negeri kecil berpenduduk sekitar 5 Juta Jiwa itu, 12 persen di antaranya adalah muslim. Meski minoritas, namun umat Islam Singapura memiliki aset wakaf yang cukup besar.

“Tercatat pertahun 2010 nilai asset property wakaf di singapura mencapai SG$ 500 milyar (Rp. 3,5 triliun) dan menghasilkan surplus wakaf senilai SG$ 3 juta (Rp. 21 milyar). Surplus wakaf tersebut disalurkan untuk operasional mesjid  (61%), pendidikan madrasah Islamiyah, dan kegiatan sosial lainnya,” kata perwakilan MUIS yang menerima tim WakafPro 99- Sinergi Foundation, Puan Farhana.

MUIS sendiri, menurut Puan Farhana, memiliki aktivitas dalam menghimpun dana zakat, infak/ sedekah, dan wakaf. Khusus untuk wakaf, MUIS memiliki fokus dalam memproduktifkan asset wakaf di bidang property dan dikelola oleh sebuah perusahaan real estate, WAREES Investment Limited Ptd.

Lepas dari MUIS, WakafPro 99 langsung menuju WAREES Investment Limited Ptd yang beralamat di 11 Beach Road #05-01, Singapore. Di Warees, src=assets/media/artikel/IMG-20140521-WA0011.jpg" style="border-style:solid; border-width:3px; float:right; height:300px; margin:10px; width:240px" /> WakafPro 99 diterima oleh Mr. Luqman Hakim yang menjabat sebagai Asset Specialist (Enterprise Management).  “Asset wakaf yang dikelola oleh wares berupa residensial (apartemen, perumahan), ruang komersial (perkantoran, pusat bisnis), dan masjid yang jumlahnya sekitar 69 mesjid. Salah satu program sosial yang dikelola MUIS juga ada pemakaman muslim yang bernama tanah perkuburan islam Cha Chu Kang,” kata Luqman Hakim di sela perbincangan.

Somerset Bencoolen, misalnya. Aset wakaf berupa layanan sewa apartment dengan ruang ritel dan perkantoran yang terintegrasi dengan masjid. Salah satu manfaat sosial dari pengembangan bersama antara Warees dan Wakaf.

Lantas, 11 Beach Road. Sebuah aset sosial berupa Gedung perkantoran berlantai enam, yang telah memenangkan penghargaan sebagai strategi investasi keuangan Islam yang cerdas. Sehingga, manfaatnya terus mengalir kepada yang lemah (dhuafa) di Singapura dan sekitarnya.

Perjalanan yang luar biasa. Betapa, umat Islam di Singapura yang minoritas, namun begitu cerdas menggagas dan mengoptimalkan potensi yang ada. Wakaf Produktif, adalah di antara potensi yang masih demikian terbuka untuk dikembangkan.


 

 


SINERGI FOUNDATION (SF) adalah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah). Dengan sinergi antar segenap elemen peduli guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian, SF berkomitmen meretas jalan bersama melalui pendayagunaan sumberdaya lokal, menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter.


Kantor

SF Bandung

Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki)

No. 143 Bandung 40173

Telp: (022) 6120 218

Fax: (022) 6120 130

 

Gedung Wakaf 99

Jl. Sidomukti No. 99 H Bandung 40123

Telp: (022) 251 3991

Fax: (022) 2511 865

 

SF Jakarta

Hotel Kartika Chandra (Safari Suci Office) Kav.12

Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta Selatan 12930



Copyright Sinergi Foundation © 2017 - Disclaimer | Privacy Policy