Ingin Gagas Pemakaman Muslim di Sukoharjo, Yayasan Nurussalam Sambangi Sinergi Foundation

Kamis, 26 Mei 2016 14:35 WIB

SF-UPDATES,-- Lahan-lahan pemakaman yang sempit, kumuh, bahkan terkesan angker, dewasa ini mengundang keprihatinan beberapa kalangan umat Islam. Banyak yang menilai perlu adanya pemakaman syar’i yang dikelola secara profesional. Pun demikian dengan pemikiran Yayasan Nurussalam, yang hendak menginisiasi adanya pemakaman muslim di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Karena azam yang kuat untuk membuat pemakaman sesuai syariah itu, yayasan ini kemudian mencari banyak referensi tentang pemakaman muslim. Keluarlah nama itu, Firdaus Memorial Park (FMP). Setiap info tentang seluk beluk FMP di website dilahap habis, demi mendapat titik terang atas niat yang mereka seriusi. Hingga pada Kamis (26/5/2016), tim Nurussalam pun bertolak ke Bandung, melakukan studi banding ke Sinergi Foundation.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Yayasan Nurussalam, Nur Safari bersama timnya menyatakan keinginannya belajar langsung dari Sinergi Foundation, yang mereka lihat telah berhasil mengelola FMP dengan baik hingga kini. Ia berharap, mereka bisa mempelajari mulai dari sistem pengelolaannya, pengaturan SDM, hingga penghimpunan dana wakafnya.

“Kami sudah membebaskan lahan sebesar 7.800 m2. Memang tak seluas Firdaus, namun kami melihat di Firdaus ini ada banyak sekali hal yang bisa diadopsi dan dan dikembangkan di sana,” tutur Nur Safari, di Gedung Wakaf 99. Ia menuturkan, kelak nama pemakaman yang juga berbasis wakaf tersebut adalah Muslim Memorial Park.

“Kami berharap, setelah kunjungan ini, kami bisa lebih siap menggulirkan program wakaf pemakaman ini,” lanjutnya.

Studi banding ini diterima langsung oleh CEO SF, Ima Rachmalia. Ia menyambut hangat Yayasan Nurussalam yang ingin mengembangkan pemakaman muslim. Ima mempresentasikan konsep-konsep yang diterapkan dalam FMP, berikut dengan pengalaman-pengalaman menjalin silaturahim dengan para donatur.

“Kalau Nurussalam ingin berkonsentrasi di wakaf pemakaman, jangan melupakan pundi-pundi dana sosial lain, seperti zakat, atau infaq yang bisa diproduktifkan untuk biaya operasionalnya,” saran Ima.

Selepas diskusi, acara dilanjutkan dengan kunjungan pihak Nurussalam ke lokasi FMP. Mereka ingin melihat secara langsung, sekaligus mengamati SOP yang berjalan di pemakaman yang terletak di Cikalong Wetan itu. []

Penulis : Aghniya Ilma Hasan/SF-Newsroom

 


 

 


SINERGI FOUNDATION (SF) adalah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah). Dengan sinergi antar segenap elemen peduli guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian, SF berkomitmen meretas jalan bersama melalui pendayagunaan sumberdaya lokal, menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter.


Kantor

SF Bandung

Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki)

No. 143 Bandung 40173

Telp: (022) 6120 218

Fax: (022) 6120 130

 

Gedung Wakaf 99

Jl. Sidomukti No. 99 H Bandung 40123

Telp: (022) 251 3991

Fax: (022) 2511 865

 

SF Jakarta

Hotel Kartika Chandra (Safari Suci Office) Kav.12

Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta Selatan 12930



Copyright Sinergi Foundation © 2017 - Disclaimer | Privacy Policy