Sinergi Foundation

merupakan lembaga independen milik publik yang berupaya mendorong serta membangun kolaborasi
menuju masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter
 

Gandeng ITB, SF teken MoU Program Sinergi Scholarship

Selasa, 08 Maret 2016 08:57 WIB | Admin - Sinergi Foundation
 

SF-UPDATE,-- Ketua Yayasan Semai Sinergi Umat/ Sinergi Foundation (SF) H. Sepriyanto teken langsung MoU program Beasiswa Pemimpin Bangsa/Sinergi Scholarship bekerjasama dengan Kampus ITB, Jumat (04/03/2016). Wakil Rektor ITB Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan Prof. Bambang Riyanto Trilaksono hadir mewakili Kampus kebanggaan negeri di bidang teknologi ini.

"Mewakili ITB, apresiasi setinggi-tingginya  saya sampaikan kepada Sinergi Foundation atas program beasiswanya, yang turut serta mendorong putra-putri terbaik bangsa ini yang berasal dari kalangan ekonomi lemah, untuk tetap melangkah menggapai cita-cita, " ungkap Prof Bambang dalam sambutannya, sebelum prosesi penandatanganan MoU berlangsung.

Masih menurut Prof. Bambang, sebagai lembaga yang berbasis dana wakaf, zakat, juga infak-sedekah, upaya mengoptimalkan amanah umat seperti yang dilakukan Sinergi Foundation melalui kreasi program pendidikan, layak diapresiasi. 

Ke depan, Prof Bambang berharap, agar sinergi di antara kampus dengan lembaga-lembaga semisal SF dapat terus berkesinambungan. Tidak hanya di ranah beasiswa pendidikan, Bambang lebih menitikberatkan pada upaya pengembangan teknologi tepat guna dalam program pemberdayaan masyarakat, yang dapat menjadi nilai tambah yang signifikan bagi tumbuh kembangnya program.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Ketua Yayasan SF H. Sepriyanto menyambut baik gagasan sinergi program Wakil Rektor ITB, Prof. Bambang yang menitikberatkan pada teknologi tepat guna. "Sebagai lembaga nirlaba yang menitikberatkan pada pengelolaan Wakaf Produktif, selain optimalisasi Zakat, dan Infak-sedekah masyarakat, tentu saja sangat berkepentingan pada tumbuh kembangnya program pemberdayaan masyarakat desa yang tengah SF jalankan saat ini, " kata Sepriyanto.

Dengan pengembangan teknologi tepat guna dalam program-program pemberdayaan masyarakat SF, tambah Sepri, maka percepatan untuk mencapai cita-cita desa yang berdaulat, adalah sebuah keniscayaan.

Beasiswa Pemimpin Bangsa/ Sinergi Scholarship adalah program beasiswa pendidikan terpadu bagi mahasiswa berprestasi dari kalangan dhuafa di Perguruan Tinggi Negeri dengan pola asrama.

Hingga kini angkatan ke-5, dari jumlah ratusan yang mendaftar, 76 mahasiswa saja yang lolos hingga seleksi akhir. Mereka tersebar di lima Perguruan Tinggi Negeri: ITB, UNPAD, UPI Bandung, UIN SGD Bandung, Universitas Indonesia (UI) Jakarta.

Setelah lolos seleksi, mereka berhak atas bantuan biaya masuk, biaya perkuliahan, penelitian, hingga tugas akhir. Pula uang saku, yang diberikan selama dua tahun masa studi. Selain itu pendidikan Pra Asrama, dilakukan untuk menyamakan persepsi, membangun kebersamaan, dan komitmen peserta. Pembinaan Asrama, berupa pembinaan keagamaan, kepemimpinan dan organisasi, kemandirian, dan juga pembinaan sosial kemasyarakatan. []


 

Lihat Berita Lainnya



Members of Sinergi Foundation