Sinergi Foundation

merupakan lembaga independen milik publik yang berupaya mendorong serta membangun kolaborasi
menuju masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter
 

Sinergi Foundation Bantu Korban Longsor

Jumat, 08 Agustus 2014 16:07 WIB | Admin - Sinergi Foundation
 

aksi kemanusiaan dd jabar parungponteng tasikmalaya jawa barat

DD Jabar Update -- Dompet Dhuafa Jabar Rescue gelar aksi kemanusiaan di Parungponteng – Tasikmalaya. Pasalnya, sejak Selasa (8/07/2014)  hingga kini, Kampung Cihonje Dusun Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya itu masih terisolir.
 
“Waktu kita datang pada Selasa (5/8/2014), kami masih merasakan getaran tanah,” papar ketua aksi DD rescue, Iwan Hanafi saat dihubungi Alhikmah, Kamis, (07/08/2014).
 
Akibat kejadian tersebut, Iwan melaporkan, sebanyak 24 rumah warga 24 dan dua masjid rusak berat. Selama longsor tersebut, tidak ada korban jiwa. Sementara itu, masyarakat diungsikan ke zona aman menjauhi lokasi dengan radius 500 – 600 meter ke dataran yang lebih tinggi.
 
Aksi kemanusiaan itu diawali dengan membagi-bagikan bantuan logistik kebutuhan masyarakat. Terlapor bantuan yang diberikan berupa beras 5 karung, pakaian laik pakai semua umur 12 dus, mie instan 4 dus, sardencis 4 dus, minyak goreng 3 dus, dan biskuit 5 dus. Mengenai bantuan yang diberikan, Iwan mengaku masih banyak yang harus dipenuhi. Misalnya, susu untuk bayi karena di pengungsian cukup banyak anak balita.
 
“Sementara menunggu instruksi, aksi akan dilanjutkan dengan membantu warga membersihkan puing-puing kerusakan. Sementara itu, dibeberapa kesempatan, tim DD rescue juga ada yang berusaha untuk menenangkan dan menghibur masyarakat,” papar Iwan, yang juga merupakan tim lembaga pemberdayaan masyarakat Dompet Dhuafa Jabar.
 
Berdasarkan informasi dari berkas Meteorologi Geofisika, iwan mengatakan, terjadinya longsor diakibatkan kuatnya pergerakan lempeng bumi. Daerah tersebut termasuk zona rawan sambungan bumi. Sehingga imbuh Iwan, tidak menutup kemungkinan akan terus terjadi pergeseran tanah. (pnurullah/alhikmah)


 

Lihat Berita Lainnya



Members of Sinergi Foundation