Sinergi Foundation

merupakan lembaga independen milik publik yang berupaya mendorong serta membangun kolaborasi
menuju masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter
 

CEO SF Sosialisasikan Pentingnya Regenerasi Peran dalam Perkembangan Lumbung Desa

Rabu, 03 Februari 2016 12:12 WIB | Admin - Sinergi Foundation
 

SF-UPDATE,-- Sinergi Foundation (SF) meninjau perkembangan salah satu program unggulan Lumbung Desa (lumdes). Hari pertama, rombongan berkunjung ke Lumdes yang ada di kawasan Cigalontang Desa Lengkongjaya, Tasikmalaya, Selasa (02/02/2015). Dalam silaturahim bersama warga,  Chief Executive Officer (CEO) SF, Ima Rachmalia berpesan bahwa pentingnya regenerasi peran dalam pengembangan program Lumdes ini. Ia menyampaikan bahwa generasi baru yang dicari nanti tidak hanya baik secara keilmuan, tapi juga karakter.

“Bangkitkan pemuda-pemuda di sini untuk sama-sama membangun Lumbung Desa. Orang-orang yang harus dibidik adalah mereka yang jujur dan amanah,” katanya, dalam kunjungannya ke Lumdes Kecamatan Cigalontang, Selasa (02/02/2015).

Ia menambahkan, tak masalah jika pemuda yang datang belum memadai secara ilmu. Ima bersedia terjun langsung untuk mengajari pemuda tersebut mengelola Lumbung Desa. Namun, imbuhnya, pemuda tersebut harus bagus karakternya, agar bisa memangku amanah menyejahterakan masyarakat.

Melalui regenerasi ini, ia mengharapkan program Lumdes tidak selesai dalam hitungan tahun. Pada tahun ketiga nanti, Ima menyatakan SF akan memandirikan desa binaannya ini, meski tak berarti lepas tangan. Hanya saja, masyarakat akan diberi keleluasaan untuk mengelola Lumbung Desa ini. “Saya ingin program ini berkelanjutan. Ada atau tidak adanya kami, Lumdes ini harus tetap berjalan,” katanya.

Lumbung Desa di Kecamatan Cigalontang sendiri telah menginjak tahun kedua. Saat ini, ada 157 petani yang bergabung dalam program Lumbung Desa ini. Hasil dari lumbung, akan disalurkan untuk keperluan tiga hal: santunan pada mustahik, operasional, dan pengembangan Lumdes itu sendiri.  []

 

Reporter Program SF: Aghniya Ilma Hasan

Editor : Pipin Nurullah


 

Lihat Berita Lainnya



Members of Sinergi Foundation



Mitra Corporate