Caring, Keterampilan Bidan dalam Tenangkan Rasa Takut Melahirkan

Selasa, 12 Desember 2017 16:59 WIB

SF-UPDATES,-- Psikolog Khairil Fauzan menyatakan ibu hamil di Indonesia masih dihantui rasa takut melahirkan. Adalah caring, yang merupakan solusi psikologis sekaligus keterampilan yang perlu dimiliki seorang bidan untuk menangani rasa takut tersebut. Menurutnya, dengan memahami psikologis ibu hamil, bidan dapat memberikan solusi yang tepat ketika mendengar keluhan-keluhan yang disampaikan.

“Sebab, biasanya tekanan mental melahirkan ini dihadapi ibu hamil pada trimester pertama dan trimester terakhir jelang persalinan,” tutur psikolog yang akrab disapa Fauzan ini ketika membuka sesi kedua Seminar Kesehatan Preparing Qualified Generation di Auditorium Politeknik Kesehatan Bandung, Jl. Pajajaran No. 56, Bandung, Sabtu (9/12/2017).

Adapun kecemasan yang dihadapi ibu, lanjutnya, pada trimester pertama disebabkan tubuh calon ibu yang masih menyesuaikan dengan kehadiran janin. Sedangkan pada trimester terakhir, tidak hanya persalinan saja yang menjadi kekhawatiran ibu, tapi juga tumbuh kembang anak yang nantinya makin kompleks.

Hal serupa juga disampaikan oleh Founder Bumi Ambu, Bidan Okke Evriana. Untuk mengurangi kecemasan-kecemasan penyebab stres pada ibu, bidan perlu berperan menjadi teman berbicara atau sahabat, tidak hanya memposisikan diri sebagai tenaga medik profesional.

“Dengan mengajak mengobrol keseharian atau menjadi teman curhat bagi ibu hamil akan meningkatkan kepercayaan diri ibu hamil dalam menghadapi persalinan,” jelas Okke.

Dari sikap akrab itu, lanjutnya, bidan akan leluasa untuk memberikan sugesti-sugesti positif dan berbagi pengalaman sehingga calon ibu tidak lagi takut menghadapi persalinan.

“Dengan edukasi yang tepat, calon ibu tidak akan merasa cemas ketika bersalin,” pungkasnya. []


 

 


SINERGI FOUNDATION (SF) adalah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah). Dengan sinergi antar segenap elemen peduli guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian, SF berkomitmen meretas jalan bersama melalui pendayagunaan sumberdaya lokal, menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter.


Kantor

SF Bandung

Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki)

No. 143 Bandung 40173

Telp: (022) 6120 218

Fax: (022) 6120 130

 

Gedung Wakaf 99

Jl. Sidomukti No. 99 H Bandung 40123

Telp: (022) 251 3991

Fax: (022) 2511 865

 

SF Jakarta

Hotel Kartika Chandra (Safari Suci Office) Kav.12

Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta Selatan 12930



Copyright Sinergi Foundation © 2017 - Disclaimer | Privacy Policy