Sinergi Foundation

merupakan lembaga independen milik publik yang berupaya mendorong serta membangun kolaborasi
menuju masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter
 

Bonek Dan Viking Pun #Sinergi Bantu Palestina

Senin, 21 Juli 2014 10:55 WIB | Admin - Sinergi Foundation
 

Bonek Dan Viking Pun #Sinergi Bantu Palestina

Bonek Bandung dan Viking, komunitas suporter fanatik klub Persebaya, Surabaya dan Persib Bandung, tersentuh derita rakyat Gaza yang tengah dibombardir serdadu zionis laknatullah. Beraksi nyata, digagaslah solidaritas di antara mereka berbentuk pengumpulan dana, untuk disumbangkan ke palestina. Dititipkan melalui lembaga kemanusiaan Sinergi Foundation, Bonek dan Viking Pun #SinergiBantuPalestina.

Jika selama ini stigma negatif  kerap muncul ketika mendengar nama Bonek dan Viking, Jum’at siang, 18 Juli 2014, anggapan itu luntur seketika. Suporter bola tidak tuli, tidak menutup mata ataupun menutup hati mereka. Tidak. Lihat apa yang dilakukan Bonek Bandung dan Viking Dago.  Lepas shalat Jum’at, mereka menyambangi kantor Dompet Dhuafa Jabar- Sinergi Foundation di bilangan Pasir Kaliki, Bandung, untuk menitipkan amanah berupa donasi sejumlah Rp 1.005.000,- yang telah mereka kumpulkan untuk disalurkan ke Palestina via program #SinergiBantuPalestina.

“Sekalipun kami ini suporter yang dilabeli ‘buruk’ oleh sebagian masyarakat, kami juga punya jiwa kemanusiaan,” papar Muhammad Abdul Gafar, Kordinator Lapangan Bonek Bandung kepada Alhikmah sesaat setelah menyerahkan donasinya.

Donasi Bonek perwakilan Bandung dan Viking Dago itu tentu tak turun dari langit begitu saja. Mereka turun ke jalan, menyusuri trotoar, mulai dari Simpang Dago hingga Gasibu. “Meski saat pengumpulan dana, cuaca Bandung panas, tapi apalah arti sengat terik matahari,  dibandingkan derita warga Palestina yang bisa kapan saja dibombardir zionis israel?” tambah Muhamad Abdul Gafar.

Inilah kenyataannya. Label anarkis atau rusuh yang tersemat di suporter bola nyatanya tak sepenuhnya benar jika melihat apa yang di lakukan suporter berkaos hijau dan biru itu. Pun di belahan Nusantara lainnya, tentu tak sedikit suporter yang melakukan hal serupa dengan Bonek Bandung dan Viking Dago.

Melihat fenomena ini, seperti mengingatkan kita bahwa berlaku seperti apa yang dilakukan Bonek Bandung dan Viking Dago ini lebih mulia dari pada hanya melabeli mereka. Tinggal tanya pada diri sendiri, sudah berbuat apa untuk saudara kita di Palestina?

Rizki Zulhelmi, karib disapa Eki, anggota Bonek Bandung yang juga ikut serta saat menyerahkan donasi berharap, “Semoga donasi ini dapat bermanfaat bagi warga Palestina walaupun jumlahnya tidak seberapa. Ke depannya saya menghimbau rekan-rekan suporter lain untuk turut serta berpartisipasi menyalurkan kepeduliannya untuk Palestina.”

#Sinergi Bantu Palestina

Di pengujung Ramadhan yang Agung, ketika kita sedang khusyuk menikmati ibadah shaum, ada tragedy kemanusiaan di Gaza. Lihatlah di sana, saudara seiman yang adalah separuh dari tubuh kita, terus dibombardir secara membabibuta oleh zionis Israel laknatullah. senapan serbu dan bom-bom serdadu zionis  laknatullah membombardir Gaza, Palestina. Saat tulisan ini dibuat, tiga ratusan korban sudah berjatuhan.

Dan, bukankah Rasulullah bersabda: Orang-orang mukmin dalam hal saling mencintai, mengasihi dan menyayangi bagaikan satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga (tidak bisa tidur) dan panas (turut merasakan sakitnya). (HR Muslim)

Sahabat, seperti hadist di atas, bukankah muslim bersaudara? Derita muslim Gaza, sembilu di tubuh kita. Ayo #Sinergi Bantu Palestina!

 

Transfer Donasi: 

BCA Syariah: 0356 800 800 

Atas Nama Sinergi Foundation 

(kodebank 536 untuk transfer antar rekening). 


 

Lihat Berita Lainnya



Members of Sinergi Foundation



Mitra Corporate