Bagaimana Menghitung Zakat Investasi?

Selasa, 13 Februari 2018 11:03 WIB

Assalamu'alaikum,

Saya ingin bertanya, apakah yang dimaksud dengan investasi keuangan? Apakah yang seperti ini wajib dizakati? Bagaimana penghitungannya?

Jawaban:

Waalaikumsalam wa rahmatullah wa barakatuh,

Yang dimaksud dengan investasi keuangan adalah sejumlah uang/harta yang diberikan kepada pihak lain untuk diinvestasikan sesuai dengan sistem mudharabah (bagi hasil/profit and loss sharing), musyarakah (kerjasama) atau yang semisalnya. Penghitungan zakatnya sebagai berikut:

Investasi keuangan mencakup saham, obligasi, cek, sertifikat investasi, dan lainnya. Investasi-investasi keuangan tersebut dikumpulkan pada muzakki pada akhir haul dan dihargai berdasar hal tersebut:

  1. Saham biasa: berdasar harga pasar di pasar modal
  2. Saham istimewa: berdasar harga pasar di pasar modal
  3. Obligasi: berdasar harga tertulis
  4. Cek investasi: berdasar harga pasar di pasar modal
  5. Sertifikat investasi: berdasar harga tertulis
  6. Tabungan: berdasar harga terdaftar/tertulis
  7. Investasi-investasi tersebut ditambah labanya yang halal jika ada, sedang bunga dan penghasilan kotor lainnya tidak masuk di dalam tempat zakat tetapi disisihkan dan dibelanjakan pada hal-hal  kebaikan.

Surat berharga yang dimiliki untuk tujuan meraih laba darinya, yang tunduk kepada zakat adalah laba bersihnya saja, karena surat berharga tersebut disamakan dengan barang yang dimiliki dengan tujuan untuk meraih pendapatan dari barang tersebut. Dari harta investasi tersebut dikurangi hal-hal berikut:

  1. Tanggungan jangka pendek
  2. Nafkah kebutuhan pokok dan riil
  3. Pembayaran untuk pembelian

Dengan demikian hasil bersihlah yang merupakan tempat zakat dan dibandingkan dengan nisab. Jika tempat zakat tersebut mencapai nisab, yaitu senilai 85 gram emas atau 21 karat maka zakat dihitung 2,5% (berdasar tahun hijriyah) atau 2,575% (berdasar tahun Masehi) []

source: Fiqh Zakat Kontemporer


 

 


SINERGI FOUNDATION (SF) adalah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah). Dengan sinergi antar segenap elemen peduli guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian, SF berkomitmen meretas jalan bersama melalui pendayagunaan sumberdaya lokal, menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter.


Kantor

SF Bandung

Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki)

No. 143 Bandung 40173

Telp: (022) 6120 218

Fax: (022) 6120 130

 

Gedung Wakaf 99

Jl. Sidomukti No. 99 H Bandung 40123

Telp: (022) 251 3991

Fax: (022) 2511 865

 

SF Jakarta

Hotel Kartika Chandra (Safari Suci Office) Kav.12

Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta Selatan 12930



Copyright Sinergi Foundation © 2017 - Disclaimer | Privacy Policy