Apa Perbedaan Wakaf dan Sedekah?

Kamis, 02 November 2017 09:40 WIB

SF-UPDATES,-- Anggota Komisi Fatwa dan Dewan Syariah Nasional MUI, Prof. Dr. Uswatun Hasanah mengatakan ada perbedaan antara wakaf, dan sedekah. Ia menuturkan, wakaf itu penghentian pemilikan semula dan bendanya dikembalikan kepada Allah tapi manfaatnya diperuntukkan untuk mauquf alaih, seperti yatim piatu, fisabilillah.

“Hakikatnya benda wakaf tersebut milik Allah, manusia hanya mengelolanya. Saat akad, ada istilah ikrar wakaf, yang menyatakan benda dikelola oleh nazhir, dan hasil dari wakaf itu digunakan untuk apa. Jadi jika saya mewakafkan untuk masjid, tidak boleh berubah. Kecuali perubahannya karena pelebaran jalan misalnya,” jelas Prof Uswatun, ditemui Alhikmah beberapa waktu lalu.

Kalau sedekah, katanya, maknanya luas. Sedekah berarti berbuat baik, tapi yang disedekahkan bisa suka-suka, siapapun boleh, tidak terikat pemanfaatannya sesuai keinginan pemberi sedekah.  “Misal kalau sedekah mobil. Kalau mobil itu jadinya dijual, dipinjamkan, atau dipakai sendiri ya boleh-boleh saja,” katanya.

Sedangkan wakaf, mobil itu harus sesuai dengan keinginan wakif, nazhir hanya mengelola mobil dan memastikan pokoknya, yaitu mobilnya sendiri tetap bertahan. []


 

 


SINERGI FOUNDATION (SF) adalah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah). Dengan sinergi antar segenap elemen peduli guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian, SF berkomitmen meretas jalan bersama melalui pendayagunaan sumberdaya lokal, menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter.


Kantor

SF Bandung

Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki)

No. 143 Bandung 40173

Telp: (022) 6120 218

Fax: (022) 6120 130

 

Gedung Wakaf 99

Jl. Sidomukti No. 99 H Bandung 40123

Telp: (022) 251 3991

Fax: (022) 2511 865

 

SF Jakarta

Hotel Kartika Chandra (Safari Suci Office) Kav.12

Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta Selatan 12930



Copyright Sinergi Foundation © 2017 - Disclaimer | Privacy Policy