Alhamdulillah, Karya Aktivis BPB Ini Mejeng di Pameran Seni Rupa ITB

Selasa, 07 Juni 2016 16:03 WIB

SF-UPDATE,-- Tak terasa waktu sudah hampir berlalu selama setahun menempuh pendidikan S1 pada tingkat pertama. Mahasiswa Tahapan Persiapan Bersama (TPB) Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB selalu memiliki banyak sekali agenda kekaryaan walaupun masih tingkat pertama. Salah satunya Pameran Akhir TPB yang diadakan tiap tahun, tiap akhir semester genap.

Pameran itu tergolong pameran besar karena menampilkan lebih dari 1.600 karya terbaik mahasiswa selama perkuliahan masa TPB. Tak tanggung-tanggung, pameran ini selalu dibanjiri ribuan pengunjung. Pameran ini diselenggarakan di gedung seni rupa lantai 3 dan 4 pada 4 -5 juni 2016 kemarin. Pengunjung rela berbondong-bondong menaiki tangga demi menyaksikan dan mengapesiasi karya-karya mahasiswa FSRD ini.

Karya-karya dalam pameran ini dikelompokkan berdasarkan masing-masing pilihan program studi yang ingin diambil mahasiswa pada tingkat dua nanti. Salah satunya mahasiswi FSRD penerima manfaat Beasiswa Pemimpin Bangsa angkatan 5 - Sinergi Foundation yang satu ini, Novianti Rossalina mengaku ingin masuk pada Program Studi Desain Produk. Tentu saja ia harus bekerja keras untuk bisa menghasilkan karya terbaik agar dapat mengalahkan pesaing-pesaing yang ingin masuk prodi desain produk juga.

“Pameran ini sih sebenarnya persiapannya selama setahun. Kan kita mulai bikin karya-karya seperti Nirmana 2D, 3D, gambar bentuk dan gambar konstruktif itu mulai pertama banget masuk kuliah di FSRD. Terus pas di akhir semester baru tuh dipilih 2 karya terbaik dari masing-masing mata kuliah itu” tutur novi.

Ia juga mengatakan bahwa kuliah di FSRD tergolong mahal karena tugas-tugasnya yang selalu menghabiskan banyak uang seperti untuk kebutuhan membeli cat, kuas, alat-alat gambar dan material tugas seperti kayu, gypsum, dan lain-lain.

“Kalau soal tugas, ya termasuk mahal sih, banyak banget yang dibutuhkan. Di saat mahasiswa fakultas lain tugasnya mungkin kayak print out laporan nah kami lebih ke memotong panci, wajan pakai gergaji besi. Belum lagi beli gergajinya, terus barang-barang yang mau dipakai itu kayak panci tadi kan kalau anak rantau ya terpaksa beli meski bekas. Atau kayak cat poster juga kan mahal tuh.. ah banyak deh pokoknya," paparnya cerita panjang lebar. 

"Tapi seneng sih karena untuk saya sendiri sangat terbantu oleh beasiswa dari Sinergi Foundation. Oh iya kami TPB FSRD juga jadi merasa sedikit bisa berbangga karena beda sama fakultas lain. Kami tingkat pertama sudah punya karya sebanyak ini dan bisa pameran sendiri” pungkas novi. []

 

Penulis : Nenon S / SF Newsroom

 


 

 


SINERGI FOUNDATION (SF) adalah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah). Dengan sinergi antar segenap elemen peduli guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian, SF berkomitmen meretas jalan bersama melalui pendayagunaan sumberdaya lokal, menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter.


Kantor

SF Bandung

Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki)

No. 143 Bandung 40173

Telp: (022) 6120 218

Fax: (022) 6120 130

 

Gedung Wakaf 99

Jl. Sidomukti No. 99 H Bandung 40123

Telp: (022) 251 3991

Fax: (022) 2511 865

 

SF Jakarta

Hotel Kartika Chandra (Safari Suci Office) Kav.12

Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta Selatan 12930



Copyright Sinergi Foundation © 2017 - Disclaimer | Privacy Policy