Sinergi Foundation

merupakan lembaga independen milik publik yang berupaya mendorong serta membangun kolaborasi
menuju masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter
 

12 Mahasiswa BPB III Adakan Kegiatan Home Stay di Cikahuripan-Sukabumi

Selasa, 19 Agustus 2014 10:00 WIB | Admin - Sinergi Foundation
 

12 Mahasiswa BPB-DD Jabar III Adakan Kegiatan Home Stay di Cikahuripan – Sukabumi

SF-UPDATE -- 12 Mahasiswa penerima Beasiswa Pemimpin Bangsa Dompet Dhuafa Jabar angkatan ketiga mengadakan kegiatan Home Stay di Kecamatan Cisolok, Desa Cikahuripan-Sukabumi. Kegiatan kali kedua itu diadakan selama tiga hari Jumat – Ahad (15-17/08/2014) dengan mengusung tema Membentuk Pemimpin Berkarakter.

“Selama tiga hari, Mahasiswa BPB tinggal dan membantu aktivitas pekerjaan masyarakat, khususnya di keluarga yang sudah ditetapkan pihak RT,” kata Ketua Pelaksana Home Stay, Dede Iskandar, Kamis (14/08/2014).

Menurut Dede, masyarakat Cisolok notabene bermata pencaharian nelayan. Karenanya, ia ingin lebih mengetahui kehidupan nyata masyarakat seperti itu, setelah kegiatan perdana Home Stay di Purwakarta, pengalaman tentang dunia pertanian, sedikit banyaknya mereka rasakan.

Harapan Dede, kelak bila para mahasiswa ini menjadi pemimpin bangsa, bisa lebih memerhatikan juga kehidupan para nelayan. Sebabnya, mahasiswa tersebut mengalami langsung bagaimana sukarnya kehidupan mereka.

Sementara, sebagai pimpinan rombongan, dalam sambutannya Luki mengatakan dana-dana yang dilakukan mahasiswa BPB ini sejatinya berasal dari donasi rakyat. Sehingga, pengabdiannya harus dirasakan juga oleh rakyat. Kegiatan pengabdian semacam ini sebagai bukti syukur para penerima beasiswa untuk terus memacu semangat mereka dalam mengarungi dunia pendidikan.

“Kita jangan lupa, bahwa segala dana yang kita pakai berasal dari donasi masyarakat. Karena itu, sebagai bentuk tanggung jawab kita adalah mengabdi ke masyarakat,” tutur Luki Jumat, (15/08/2014).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Cikahuripan sangat berterima kasih akan kedatangan mahasiswa BPB – DD Jabar. Sebab dengan begitu, masyarakat juga akan merasa terpacu untuk terus bekerja keras agar anaknya bisa meraih pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Karena menurut Heri Suryana, kesulitan ekonomi tak pelak memutuskan tali pendidikan masyarakatnya. Apalagi ditambah iklim dan keadaan laut yang kian tak bersahabat.

Heri berharap, kerja sama dengan Dompet Dhuafa ini terus terjalin. Terlibat dengan bantun program-program DD Jabar lainnya.(pnurullah)


 

Lihat Berita Lainnya



Members of Sinergi Foundation



Mitra Corporate