Menuju Lumbung Bambu, Masyarakat Selaawi Mulai Tanam Bibit

SF-UPDATES,– Telah menginjak dua minggu, masyarakat Samida, Selaawi Garut, beserta tim Lumbung Bambu bekerja sama melakukan persiapan lahan untuk pembibitan bambu. Saung kerja sudah kokoh terbangun dan beberapa petak lahan telah ditanam bibit bambu. Sebanyak 500 bambu dari 2 jenis Bambu; bambu betung dan bambu hitam berhasil dilakukan pembibitan.

“Sebenarnya dua minggu ini kami banyak cobaan dan tantangan dalam melakukan pembenihan bambu ini,” Kata tim lapangan Lumbung Bambu, Hasan.

Menurutnya, petani masih belum mengetahui cara pembenihan dan penanaman bambu yang benar. Pasalnya, dalam anggapan mereka, yang bersumber dari kebiasaan masyarakat mengenai bambu, bambu seperti rumput liar, tidak ditanampun jadi dengan sendirinya.

Perlu edukasi serta pendampingan yang ekstra dalam program Lumbung Bambu ini, karena bambu kini menjadi komoditas budidaya yang menjanjikan, sehingga untuk meningkatkan nilai lebih dari bambu, dari mulai pembibitan, penenaman serta pemanfaatan Bambu harus dilakukan dengan baik. (eggie)

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.