Menjadi Beradab dengan Menebar Maslahat di Kuttab

Sudah tak asing dengan istilah Kuttab kan? Kuttab berasal dari akar taktib yang artinya mengajar menulis. Kuttab bahkan sudah ada di Jazirah Arab sebelum datangnya Islam yang berfungsi sebagai tempat untuk belajar menulis dan membaca bagi anak-anak.

Mulanya, Kuttab diadakan di tepian pasar atau pertokoan bagi anak-anak dari golongan tak mampu atau dipanggil ke rumah jika keluarga tersebut kalangan berpunya. Namun, pada masa Rasulullah, Kuttab berlangsung di pekarangan sekitar masjid atau diselenggarakan di rumah-rumah guru (mu'alim, mu'addib).

Lalu, dengan bertambahnya jumlah kaum muslim yang pandai membaca dan menulis, sumber pembelajaran pun diganti menjadi Al Quran.

Pada perkembangannya, Kuttab tak hanya menjadi tempat pengajaran Al Quran dan dasar-dasar agama Islam, juga memberikan fasilitas kesehatan, santunan berupa makanan, pakaian, serta kebutuhan lainnya terutama untuk anak yatim dan miskin.

Begitu luar biasanya peranan Kuttab di masa silam memberikan dorongan untuk melakukan hal yang serupa di masa kini. Ialah Sinergi Foundation berkolaborasi bersama Kuttab Al Fatih menginisiasikan Kuttab yang berlokasi di Cileunyi sebagai pendidikan gratis bagi seluruh lapisan masyarakat.

Untuk kelas angkatan pertama, hanya dibuka untuk 30 orang saja. Jangan lewatkan kesempatan ini dan segera daftarkan putra-putri Anda!

Menjadi beradab, dengan menebar maslahat!

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.