Mahasiswa BPB Raih Penghargaan “Best Paper” Bidang Geologi

 

SF-UPDATES,– Dapat berkesempatan mengikuti konferensi internasional adalah pengalaman berharga bagi alumni penerima manfaat Beasiswa Pemimpin Bangsa (BPB) angkatan 3, Riyan Rizki Fauzi, alumni Teknik Geologi, UNPAD 2012. Pada The 2nd Join Conference between Utsunomiya University & Universitas Padjadjaran yang diselenggarakan oleh Faculty of Regional Design Utsunomiya University Japan, Riyan memperoleh penghargaan ‘Best Paper’, Jumat, (24/11/2017).

Konferensi internasional pada bidang geologi dan teknik sipil ini diikuti oleh akademisi dari Indonesia yang berasal dari UNPAD, Trisakti, STTNAS, dan Badan Geologi, serta beberapa akademisi dari negara lainnya seperti China, Afrika, dan Jepang. Tak main-main, sebanyak 60 paper dipresentasikan, baik dalam bentuk lisan maupun poster. Acara ini dimulai dengan presentasi ilmiah 4 narasumber dari Indonesia dan Jepang. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi peserta konferensi.

“Dalam kesempatan ini saya men-submit 2 paper yang berjudul ‘Physical and Geomechanical Characteristics of Keutapang Formation in Arun Gas Field, North Sumatra, Indonesia’ dan ‘River and Ground Water Quality Assessment for Domestic Clean Water in Cimanintin Area, West Java, Indonesia’. Satu paper saya presentasikan dan paper lainnya dipresentasikan oleh teman riset saya yang berasal Jepang, Kodai Sumiya. Di akhir kegiatan, panitia mengumumkan bahwa 2 paper yang saya submit memperoleh penghargaan,” jelas Riyan.

Selama mengikuti seminar, Riyan mengaku memperoleh banyak pengalaman berharga. Dia dibuat kagum dengan kedisiplinan orang-orang Jepang, terutama dalam mengelola waktu.

“Banyak pelajaran yang bisa saya ambil selama mengikuti konferensi, diantaranya sikap ramah dan baik orang-orang Jepang yang tak sungkan membantu orang yang meminta pertolongan. Lalu tata kota yang sangat rapi dan taat aturan, serta amat menghargai waktu. Jadi, kalau masuk terlambat, mereka akan merasa sangat malu,” tukasnya. []

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?