Magang di Pedesaan, Aktivis BPB 5 Coba Baktikan Diri Pada Masyarakat

SF-UPDATE,– Dalam rangka mengasah kemampuan bermasyarakat, sejumlah aktivis pemimpin bangsa melakukan program magang di pedesaan. Di antara wilayah yang dituju adalah kawasan Lumbung Desa Cigalontang Tasikmalaya. 

Aktivis pemimpin bangsa angkatan 5, Aji menceritakan pengalaman-pengalamannya selama magang di sana. Kegiatan-kegiatan kerohanian dan keremajaan menjadi agenda sejumlah mahasiswa ini di lumdes binaan Ustaz Gungun. 

“Magang di Lumbung Desa kp. Cibaeud awalnya hanya berekspektasi biasa saja seperti halnya desa-desa lainnya yang penuh dengan sawah dan aktivitas warga dalam bertani, namun ketika sampai disana banyak hal yang begitu menyentuh hati kami,” kata Aji, usai mengikuti program magang, belum lama ini. 

Kearifan lokal di sana sangatlah indah, imbuhnya, ketika datang saja sudah dijamu dengan berbagai makanan dari mulai ayam goreng, ayam bakar, ikan, dsb. Belum lagi warga di sana sangat ramah-ramah, setiap berpapasan senyum tak pernah terlewatkan. 

“Warga di sana juga sangat dekat dengan aktivitas ruhiniyah, setiap ba'da subuh, ashar, dan magrhib anak-anak senantiasa ke masjid untuk mengaji dan  setoran hafalan quran. Shalat subuh hampir sering didapati shaf-shaf dimasjid cukup banyak terisi tak seperti mesjid di kota-kota,” katanya. 

Adapun sebuah organisasi remaja bernama Formaci, menurut Aji, sangat keren sekali dalam melaksanakan program kerja. Ada jemput shodaqoh setiap 2 hari sekali ke setiap warga kampung, bersih-bersih kampung seminggu sekali, sharing motivation seminggu sekali, peringatan hari besar agama Islam, dan masih banyak lagi. 

“Magang di lumbung desa sangat mengasyikan dan memberi motivasi bagi kami untuk terus belajar, tulus, dan bermanfaat,” tandasnya.

Reporter : Mahar

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?